PetunjukHidup.com- Hidup ini berat teman, semua sudah mengetahuinya. Sadar atau tidak sadar, terkadang teman berada dalam situasi yang bisa membuat stres. Sebab, ada banyak sekali tantangan yang menyebabkan stres.

 

It’s ok to be stres, tetapi teman harus mempelajari bagaimana mengurangi perasaan dan gejala stres. Biasanya ini, gejala stres bisa dikarenakan fisik dan emosi. Nah, reaksi umum terhadap kejadian yang membuat stres mencakup ketidakpercayaan, yang mana timbul perasaan marah, sedih, khawatir, takut, bahkan frustasi. Selain itu juga terdapat perubahan pada keinginan, minat, nafsu makan dan energi.  Bahkan, teman juga bisa mengalami kesulitan tidur, susah berkonsentrasi. Sedangkan untuk reaksi fisik, teman bisa mengalami sakit kepala, masalah perut, ruam kulit dan bahkan nyeri tubuh.

 

Tidak hanya itu saja, teman juga  bisa mengalami atau memperburuk masalah kesehatan kronis maupun kondisi kesehatan mental.

 

Teman tidak usah khawatir, wajar lho bagi teman untuk merasakan stres, sedih dan bahkan kecemasan. Namun, yang perlu kita ketahui bagaimana cara sehat mengatasi STRES. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak mengalami stres.

 

Terkadang, teman tidak menyadari reaksi stres seperti merasa emosional, gugup, tidak selera makan atau bahkan kebalikannya; nafsu makan jadi tidak terkontrol, tidak bisa tidur. Nah, ini adalah reaksi normal terhadap stres. Cara mengatasi stres yang bisa kita lakukan dengan beristirahat dari menonton, membaca, maupun mendengarkan berita, termasuk sosial media.

 

Sebab, mendengar berita yang membuat traumatis bisa membuat kesal, mood berubah. Ada baiknya, untuk sementara waktu menghindari sosmed, dan sebagainya. Istirahat, jaga kesehatan tubuh dengan makan makanan yang sehat, tidur yang cukup, olahraga, dan istirahat apabila kamu mengalami stres.

 

Tidak ada salahnya, kita melakukan meditasi, peregangan maupun mengambil nafas dalam-dalam dan dikeluarkan perlahan.  Apabila merasa lelah, luangkan waktu untuk beristirahat. Bahkan, kita bisa melakukan beberapa kegiatan yang kita sukai. 

 

Selain itu, teman juga bisa berbicara dengan orang yang kita percayai, tentang bagaimana perasaan teman, kekhawatiran teman. Tidak ada salahnya menceritakan masalah teman dan perasaan teman. Apabila teman butuh bantuan, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada orang yang profesional seperti psikolog maupun konselor profesional.

 

 Terkadang kita tidak bisa mengatasi perasaan sendiri dan membutuhkan bantuan profesional untuk mengatasi permasalahan emosional. Jangan sampai terlambat, sebab stres bisa menyebabkan keinginan bunuh diri, apabila lama-lama dibiarkan dalam diri kita. So, banyak berdoa dan bersyukur. Istirahat dan jangan berpikir berlebihan yang bisa menyebabkan stres.

 

Pernah kah teman merasakan hal-hal diatas? Carilah solusi dalam menghadapi persoalan hidup, bercerita dengan teman yang dipercaya sangat baik untuk KESEHATAN mental. Sudah banyak kejadian, khususnya di Korea, bahkan artis pun bunuh diri dikarenakan depresi dan stres akibat tekanan fans dan pekerjaan. So, jangan ikuti jejak mereka, sebab hidup berat, tetapi hidup masih menyediakan pelangi sehabis hujan.

 

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy