cara belanja hemat

PetunjukHidup.com- Tidak semua orang bisa hidup dalam kemewahan, apalagi dengan kondisi perekonomian yang lebih besar pasak dari pada tiang. Dimana uang masuk lebih sedikit, dibandingkan uang keluar; sebagai orang yang bijak, tentunya teman harus pandai mengatur keuangan dan bagaimana cara belanja tanpa mengeluarkan uang berlebihan bisa menjadi alternatif untuk bisa menghemat.

 

Penulis tahu, hidup saat ini terasa berat. Selain banyaknya angka perusahaan yang memecat karyawan. Kemungkinan besar, diantara kita ada yang di posisi kehilangan pekerjaan. Disebabkan covid-19 yang semakin hari semakin tidak bisa dikendalikan penyebarannya. Puji Tuhan, di kala perekonomian sedang susah. Kita masih diberikan akal budi dan hikmah dari Tuhan, sehingga teman bisa memanfaatkannya dengan baik. Tidak ada salahnya, jika Penulis menuliskan cara belanja tanpa mengeluarkan uang berlebihan. Sebab, Penulis yakin artikel ini bisa mengingatkan kita untuk cerdas dalam menghemat uang dalam belanja urusan makanan.

 

Jangan Lupa untuk Membuat Anggaran Belanja

Penulis tahu membuat anggaran belanja itu MENYEBALKAN. Namun, ini merupakan langkah pertama dalam menghemat uang untuk belanja makanan. Mungkin dari sebagian dari teman merupakan anak pramuka yang harus siap siaga. Nah, mari teman juga membuat hal yang serupa untuk urusan pengeluaran uang belanja makanan. Mari siapkan anggaran belanja bulanan atau mingguan agar membantu teman tetap berada di jalur dan menjaga pengeluaran tetap TERKENDALI.

 

Sejujurnya, Penulis merasakan manfaat membuat anggaran belanja bulanan atau mingguan. Penulis lebih suka membuat anggaran belanja mingguan. Jadi, lebih mudah mengatur khususnya untuk kebutuhan makan harian. Sedangkan untuk perlengkapan bersih-bersih rumah mulai sabun cuci piring, sabun mandi, sabun cuci pakaian itu biasanya di kalkulasikan per bulan. Biar tidak sering pergi ke supermarket.

 

Teman tahu, seorang perempuan berhasil bertahan hidup hanya dengan pengeluaran per harinya 50,000 IDR, sedangkan sebagian dari teman mungkin perlu mengeluarkan uang sekitar 600,000 IDR dalam seminggu. Hal ini dikarenakan, beberapa orang yang bisa menghemat dalam belanja membuat daftar belanja dan juga membuat perkiraan daftar barang. Sehingga bisa di minimalis untuk pengeluaran tak terduga.

 

Merencanakan Menu Makanan

Orang sukses selalu membuat rencana dan melakukannya. Sebab, percuma dong jika sudah buat RENCANA, tetapi tidak diterapkan! Nah, tidak ada salahnya jika teman membuat perencanaan menu makanan teman dalam sepekan. Hal ini untuk memudahkan teman dalam hal berbelanja agar teman juga bisa berhemat dan sudah mengetahui bahan makanan apa saja yang dibutuhkan dalam seminggu.

cara belanja hemat keperluan dapur
 

Penulis pernah melakukannya sewaktu bekerja di Jakarta dan bahkan kala itu, Penulis masih belum memiliki lemari pendingin. Sedangkan Penulis harus sudah berada di halte bus way jam 6. Dalam menghemat pengeluaran, Penulis harus masak sendiri dan lebih higienis. Penulis akhirnya pergi ke pasar, setiap akhir pekan saja. Sehingga harus memikirkan menu dalam sepekan. Hal ini lebih mudah dan beneran efisien banget, jadi tidak perlu belanja berlebihan

  

Buat Lebih Banyak Makanan di Rumah

Tahukah teman semakin banyak teman memasak daripada membeli makanan yang sudah jadi atau makanan instan, maka teman akan semakin menghemat. Memang membeli makanan sudah jadi atau tinggal di panaskan, ketika ingin makan lebih mudah tetapi dana yang dikeluarkan lebih BESAR hanya untuk membeli makanan yang sudah jadi.

 

Tidak ada salahnya, jika teman mulai memasak. Penulis tahu, banyak diantara kita yang tidak suka memasak; termasuk Penulis makanya penulis punya artikel yang berjudul miss lazy in the kitchen, dikarnakan malasnya pergi ke dapur.  Tidak ada salahnya, jika teman membuat makanan yang bisa tahan lama, misalnya cemilan untuk anak, acar, nugget frozen di akhir pekan. Sehingga teman, tinggal menggoreng makanan tersebut sesuai kebutuhan. Praktis juga bukan?

 

 

Menanam Sayuran Sendiri

Belakangan ini dikarenakan pandemic, Penulis memperhatikan beberapa tetangga Penulis mulai menanam kebutuhan dapurnya sendiri seperti kangkung, sawi, cabai dan bawang, mungkin beberapa sayuran lainnya juga. Beneran luar biasa banget bukan, Pandemik covid ini membuat orang jadi berpikiran untuk menanam kebutuhan dapurnya sendiri.

 

Terkesan tidak praktis, tetapi ini luar biasa dalam menghemat biaya pengeluaran juga lho! Nggak percaya, coba buktikan saja sendiri. Penulis sudah menanam pohon cabai di rumah dan bawang merah, serta daun mint agar bisa menghemat biaya pengeluaran bumbu dapur hihihi.

 

 Simpanan Persediaan Makanan Dengan Baik

Mungkin banyak diantara teman yang suka berbelanja kebutuhan dapur, tetapi tidak tahu cara menyimpan dengan baik. Sehingga bahan makanan yang dibeli untuk sepekan bisa sampai rusak dan tidak bisa digunakan? Apakah ada yang merasa demikian? Nah, jangan kemana-mana minggu depan Penulis akan membahas bagaimana cara menyimpan bahan makanan agar bisa tahan lama.

 

Namun, jangan lupa barang yang dibeli dalam jumlah banyak untuk menghemat pengeluaran, jangan sampai rusak dan malah jadi double pengeluaran ya. Semoga tips cara belanja tanpa mengeluarkan uang berlebihan untuk keperluan dapur bisa bermanfaat bagi kita semua.

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy