5 Tips Tetap Sehat di Cuaca Panas
 

PetunjukHidup.com- Belakangan ini cuaca di Indonesia tidak bisa di prediksi, terus bagaimana dong kalau cuaca panas terus selama berbulan-bulan? Wah, tubuh bisa drop karena cuaca ekstrim panas tidak karuan. Mama Penulis setiap habis pergi keluar di kala cuaca panas, pasti bawaannya sakit kepala dan sebagainya.

 

Tidak bisa dipungkiri memang, jika cuaca panas yang ekstrim membuat tubuh jadi mudah lelah dan sakit. Belum lagi masalah kulit terbakar karena sinar mentari dan dehidrasi. Terus bagaimana dong agar TETAP sehat?   

 

Caranya sangat mudah koq. Yuk kita bahas tips tetap sehat di cuaca panas kali ini.

 

Kamu tinggal minum banyak air saja. Hal ini sangat penting untuk tetap menjaga tubuh terpenuhi kebutuhan air. Sehingga jauh yang namanya dehidrasi. Apalagi cuaca panas sangat mudah membuat tubuh berkeringat. Karena itu, penting untuk tetap minum banyak air putih untuk memastikan tidak ada air yang hilang dari tubuh, penting bagi kamu untuk minum banyak air dan minuman yang mengandung ion tubuh.

 

Bahkan para ahli memberikan saran untuk minum 8 gelas air per hari agar tetap terhidrasi sepenuhnya. Tubuh yang terhidrasi lebih energik dan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menghindari kelelahan. Kamu harus minum air yang di masak dengan baik agar terhindar dari pelbagai penyakit seperti diare, tipus, kolera, hepatitis A atau E merupakan penyakit yang ditularkan melalui air.

 

Tips lainnya kamu harus menjaga pola diet kamu dengan baik. Memang cuaca panas paling enak makan yang segar-segar dan dingin. Jangan lupa untuk menambahkan menu yang sehat pada daftar makanan kamu, misalnya salad, jus, yogurt, buah musiman dan kecambah dalam diet  untuk mendapatkan jumlah nutrisi dan mineral yang diperlukan.

 

Jauhi makanan pedas. Bisakah kamu melakukan ini? Makanan pedas bisa mendatangkan maslaah di perut kamu selama musim panas. Untuk menghadapi suhu panas, tubuh juga akan memanas. Panas internal menciptakan keasaman yang sering diperburuk oleh makanan pedas. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kurang berminyak dan pedas untuk menghindari masalah gastrologis.

 

Istirahat yang tepat. That’s not mean sleep all day hahaha. Bisa dipastikan musim panas atau cuaca panas ekstrim bisa sangat melelahkan tubuh. Itulah sebabnya kita butuh istirahat untuk menghindari rasa lelah yang berlebihan. Tidur 7 hingga 9 jam direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Teman juga harus makan makanan ringan saat makan malam untuk meningkatkan pencernaan dan menghindari segala jenis gangguan saat tidur.

 

Perlindungan dari sinar matahari, penting sekali digunakan. Gunakan tabir surya setiap kali keluar rumah. Gunakan tabir surya SPF yang direkomendasikan secara medis dan tinggi untuk menjaga kesehatan kulit. Anda dapat memilih SPF 30, SPF 40, SPF 50, SPF UVA / UVB tabir surya sesuai jenis kulit kamu. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami peradangan, iritasi, atau segala jenis ketidaknyamanan kulit yang di derita akibat paparan sinar matahari.

 

Menjadi sehat secara fisik dan mental sangat penting bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan. Para profesional medis juga menyarankan untuk melakukan latihan ringan dan meditasi untuk tubuh yang sehat dan pikiran yang lebih tenang. Ikuti langkah-langkah ini untuk memastikan kamu aman dan sehat sepanjang musim panas yang terik.

 

Terus terang saja, cuaca panas sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika cuaca panas ekstrim; keluar jam 12 berasa seperti bunuh diri. Bahkan mentari terbenam saja, rasa panas masih tertinggal dalam ruangan. Pernah kamu merasakan hal seperti itu? Meskipun berat, jangan sampai salah pola makan ketika cuaca panas mendera bumi kita.

 

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy