PetunjukHidup.com-Tidak selamanya jalan-jalan itu menyenangkan dan membuat bahagia. Terkadang, kita mengalami kesulitan dalam sebuah pertualangan. Terkadang hal kecil, bisa menjadi masalah besar dan membuat semangat menjadi moody. Hal seperti itu sudah sering Penulis alami, jadi tidak selamanya adventure itu berakhir bahagia atau mudah di jalani.

 
Alkisah tahun lalu, Penulis saat itu berada di Jakarta dan tiba-tiba ada rasa kerinduan ingin ke Seaworld yang ada di Ancol Taman Impian. Sudah tahu dong kalau di Ancol itu ada beberapa spots seperti Dufan (Dunia Fantasi), Sea World, Ocean Dream Samudra; Water Park dan sebagainya. Berhubung sudah tidak muda lagi, jadi tujuan awal Penulis ke sana karena ingin menikmati kehidupan laut seperti dahulu kala.

 
Dari lokasi hotel ke Ancol Taman Impian itu membutuhkan waktu kurang dari 90 menit. Tidak terlalu banyak menghadapi kemacetan khas ibukota. Saat itu, pesan taksi online dan memang minta berhenti di Pintu Barat. Rupanya pintu barat itu lebih dekat menuju Dufan. Ya, harus menunggu bus itu butuh kesabaran. Soalnya, harga taksi di dalam dufan itu sangat mahal dari dufan saja ke sea world mereka minta sekitar 100,000 IDR. Ya, sayang kan! Menunggu tanpa tempat duduk dan cuaca panas sekali. Benar-benar bisa membuat kita merasa emosi.

Sabar Menanti, Tiket Mesti Beli Online

Akhirnya setelah menanti sejam, bus pun datang. Namun, beda jurusan eh jalur. Namun, petugasnya bilang nggak apa-apa. Ya sudah naik saja, sampai ke tujuan. Meskipun menggunakan AC, bus Ancol itu seperti tidak ada rasa dinginnya. Cuaca yang panas dan ramainya pengunjung taman impian itu memang harus menguatkan diri untuk tidak terpancing amarah hahaha.

Berapa kali, kaki terinjak baik anak kecil hingga orangtua. Pada akhirnya, bisa juga dapat tempat duduk dan tak lama kemudian harus melanjutkan perjalanan. Untung saja, perjalanannya di bawah pohon rindang, jadi terasa sejuk di hati. Bahkan, sempat mengabadikan momen. Pasalnya, cantik sih viewnya.

 
Mengantri tiket dan harus bayar double. Pasalnya, mereka tidak menjual tiket khusus ke sea world melainkan tiket terusan. Berhubung memang tidak ada niat ke Dufan. Akhirnya, mengusahakan untuk beli tiket online, eh rupa token eh E-money sudah habis di pakai untuk bayar taksi online. Mencari mesin ATM pun tidak ada di sekitar sea world. Wow, seharusnya disiapkan ya mesin ATM di sana.

Galau sudah, capai sudah, tetapi tidak mencapai hasil untuk menyaksikan kehidupan bawah laut di Sea World Jakarta itu. Namun, ini menjadi pembelajaran diri sendiri untuk ke depannya. Usahakan untuk mencari pelbagai informasi sebelum menuju lokasi.

 
Beli tiket online itu lebih UNTUNG! Sebab, harganya lebih murah dan bahkan sama dengan loket. Pastinya, tidak perlu mengantri. Bayangkan saja, sudah mengantri lama #Eh tau-taunya gak jadi beli tiket hahaha. Pasalnya, waktu itu tiketnya di gandeng Dufan atau water park. Soalnya, aku tidak membawa persiapan atau memang tidak ada niat ke Dufan, apalagi permainan basah-basahan. Sayang kan tiket yang sudah dibeli, tidak digunakan.

Akhirnya ya sudah browsing internet dan menemukan rekomendasi tempat makan seafood di Ancol Taman Impian. Tertarik ingin ke sana. Mentari semakin terik, panas! Beneran membuat pusing kepala akibat terkena paparan sinar matahari langsung.


Namun, ketidakberuntungan ketika liburan ke Ancol tergantikan dengan menemukan kuliner enak di kawasan Ancol. Sorry, lupa nama restaurannya. Bisa dipastikan tidak akan rugi mencoba menikmati makanan di sana.

Ingat, Liburan ke Ancol perlu memperhatikan

Jadwal bus
Lokasi taman impian yang luas
Bawa air mineral, terkadang kita tidak pernah tau tersesat di mana hahaha
Pilih pakaian yang nyaman
Jangan lupa payung atau topi
Beli tiket online, terkadang kita tidak pernah tahu harga tiket Ancol yang tidak fix di konter. Pasalnya, mereka terkadang tidak menjual single tiket, tapi terusan
Luangkan waktu seharian
Bawa lotion sunblock
Jangan lupa baju cadangan
Nah, nikmati tiap waktu ketika blusukan atau get lost di Ancol. Soalnya, selain jadwal bus yang tidak pasti! Kita juga harus siap mental untuk jalan kaki; apalagi jika kamu seperti Penulis yang minim budget. Hal-hal seperti ini harus diperhatikan. Biar tidak jadi sia-sia biaya transportasi ke tujuan tetapi tidak mencapai keinginan.

Ada apa di Taman Impian Ancol?

Pastinya tidak ada penulis. Meskipun, dulu Penulis pernah membeli tiket annual setahun untuk Dunia Fantasi tetap saja selama kerja di Jakarta juga cuma dua sampai tiga kali digunakan hahaha. Baiklah, yuk kita intip ada apa saja di Ancol.

Dunia Fantasi (Dufan)

Bagi yang memiliki anak atau orangtua yang berjiwa muda dan suka mencari permaianan yang meamcu adrenalin. Nah, Dunia Fantasi atau DUFAN ini cocok untuk kalian lho.  

Tempat wisata Ancol satu ini banyak menarik perhatian wisatawan. Hal ini karena Dufan punya beraneka ragam wahana yang bisa dinikmati mulau dari anak-anak hingga orang dewasa.

Honestly, Penulis suka juga ke Dufan tetapi semakin bertambahnya tahun sepertinya agak lucu kalau ke Dufan tanpa membawa anak kecil hahaha. Di sana ada pelbagai wahana permainan yang mendebarkan maupun santai seperti hysteria, halilintar, komidi putar, bianglala, tornado, dan aneka wahana ekstrem lainnya.

Dufan itu benar-benar fun time jika kamu suka bersabar dan mengantri untuk menikmati permainan singkat. Terkadang ngantrinya bisa sejaman.  Di Dufan juga ada wahana edukasi.

Sea World

Siapa sih yang suka menolak kehidupan bawah laut. Penulis saja, tidak bisa berenang apalagi diving. Meskipun dulu pernah coba snorkeling di Pulau Tioman, tetap saja masih belum bisa berenang lancar. Jadinya, sea world ini menjawab rasa penasaran mengenai kehidupan bawah laut.

Sebab, di sana kita bisa melihat pelbagai jenis ikan, ubur-ubur dan sebagainya. Bahkan, ada beberapa tempat di mana kita bisa menyentuh binatang laut, seperti bintang laut.  Paling seru itu pertunjukan memberi makan ikan. Duh, Penulis paling suka deh jadwal yang satu ini.

Ocean Dream Samudra
Ocean Dream Samudra ini merupakan tempat di mana kita bisa berjumpa dengan biota laut. Lebih atraktif, di Ocean Dream Samudra kamu bisa menyaksikan atraksi cerdas dari lumba-lumba, singa laut, dan aneka satwa lainnya.

Ocean Eco Park

Suka taman? Coba yuk “nongkrong” di Ocean Eco Park. Sebab di sini merupakan ruang hijau terbuka dan asri. Tentunya sangat menyenangkan bukan?

Sebenarnya ada beberapa spot lagi, namun ini yang paling banyak dikunjungi sih.  Butuh budget berapa untuk bisa menelusuri setiap sudut Taman Impian Jaya Ancol ini?

Harga tiket masuk ke taman impian Jaya Ancol kala itu sudah di bandrol harga 3d0,000 IDR (Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya). Harga weekdays dan weekend sudah pasti berbeda. Weekend harganya pasti grow up hihihi. Belum pernah jumpa, harga tiket murah dikala weekend atau akhir pekan.

Harga tiket reguler Dunia Fantasi itu di konter Dufan 200,000 IDR beli online hanya bayar 150,000 IDR di aplikasi taman impian jaya ancol pastinya. Sea World tiket reguler 80,000 IDR dan varian lainnya seperti ocean dream dan atlantis water di bandrol harga 135,000 IDR. Reguler Orcean Dream yakni 90,000 IDR.

 
Nah, jadi berapa biaya yang dibutuhkan untuk menikmati pelbagai spots di Taman Impian Jaya Ancol? Kalau berdasarkan pengalaman Penulis beberapa tahun lalu, dalam sekali datang dua spots is enough. Misalnya, Seaworld dan Dufan; apalagi jika perginya ramai-ramai; kalau sendirian pasti satu saja sudah cukup haha. Pasalnya, bakalan kesulitan untuk mengambil photo diri sendiri; ketika berada di dalam. Ayo, benar tidak!


Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy