Hal-Hal Kecil yang Dilakukan Orang Sukses

 

 PetunjukHidup.com- Pernah tidak teman-teman berpikir, bagaimana menjadi sukses dan seperti apa sih tindakan yang dilakukan oleh orang SUKSES. Jujur, Penulis pernah berpikir demikian. Apalagi kala kehidupan lagi pelik seperti ini, karena covid-19. Duh, membayangkan apa yang bisa ditiru untuk menjadi sukses. Rupanya, orang sukses suka melakukan 6 hal kecil ini lho, penasaran kan.

 

Mungkin teman-teman tahu 6 hal kecil yang dilakukan oleh orang sukses, tetapi menganggap sepele. Ada baiknya 2021 ini, meskipun sudah hampir di penghujung minggu ketiga di bulan Februari tidak ada salahnya untuk diterapkan dalam kehidupan teman-teman dan Penulis.  Penasaran, apa yang bisa ditiru agar KESUKSESAN juga menghampiri kita? Hidup harus seimbang bukan agar sukses bukan sekedar impian.

 

Olahraga di Pagi Hari

Mungkin hal ini terkesan biasa saja dan tidak ada yang istimewa. Namun, pepatah kuat mengatakan jiwa kuat dari tubuh sehat. Dengan berolahraga di pagi hari, bisa dipastikan tubuh lebih sehat dan otak juga bisa bekerja dengan baik. Sebab, tidak lagi lemas dan merasa lelah di pagi hari.

 

Salah seorang CEO Reward Network, Ed Eger mengatakan ketika pagi hari dan melakukan olahraga merupakan waktu tenang. Sehingga dirinya bisa membuat pikiran fokus sebelum berangkat kerja.

 

Jujur, bangun pagi dan olahraga pagi merupakan hal terberat bagi Penulis. Namun bukan berarti Penulis tidak berusaha untuk mengubah pola hidup. Jujur, apabila bergadang dan bagun pagi! Penulis merasa waktu terbuang percuma karena tubuh merasa lelah.  

 

Berteman dengan Orang yang MENYENANGKAN

Pernah tidak teman berpikir kenapa anak kecil gampang sekali mengingat hal-hal yang buruk. Meskipun mereka hanya mendengarnya sekali saja. Namun, sudah terekam dalam otak mereka! Sebab, negatif itu cepat sekali terekam dan menular, termasuk dalam hal kesengsaraan. Namun, bukan berarti teman tidak bisa mengulurkan tangan bagi mereka yang sedang mengalami masalah.

 

Namun, bergaul dengan orang yang pesimis, tidak memiliki semangat hidup maka teman lama-lama akan tertular menjadi seperti mereka, seperti Penulis katakan hal negatif itu cepat sekali menular. Sedangkan hal positif itu lambat sekali bisa berbaur. Makanya, dalam memilih teman, pilihlah orang-orang yang MENYENANGKAN. Mereka yang menyenangkan pasti SUKSES dalam menjalani kehidupan. Namun bukan yang senang bergosip ya.

 

Persiapkan di Pagi Hari

  

Apa yang biasa teman lakukan ketika pagi hari tiba? Bangun di pas dan terburu-buru? Duh, jangan sampai ya. Orang yang sukses, bangun lebih pagi dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Luangkan waktu 10 menit untuk membuat list to do prioritas yang harus dilakukan pada hari ini. Misalnya hari ini, Penulis harus bisa menulis 5 artikel dan mengedit video untuk channel youtube. Semua dituliskan dengan baik di buku khusus jurnal aktivitas yang harus ditulis mulai dari urutan terpenting hingga yang tidak terlalu penting.

 

Kebiasaan ini akan membuat teman mengingat apa yang harus dituntaskan terlebih dahulu. Sehingga bisa fokus mengerjakan sesuatu dan tidak ada yang kelupaan. Sebab, teman bisa membawa buku jurnal aktivitas dan jurnal harian di dalam tas teman-teman. Tidak perlu buku besar, buku tipis dan ringan bisa menjadi bagian dalam kegiatan teman-teman.

 

Mencari Tahu Kapan Waktu Produktif

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda, Penulis akui beberapa teman Penulis yang membuka rahasianya dimana mereka menulis di waktu subuh. Sedangkan Penulis tidak bisa bekerja atau menulis di waktu subuh dan biasanya di malam hari.

 

Salah satu orang sukses, Ryan Lessard, VP Pemasaran EaseCentral mengatakan dirinya tidak pernah menjadwalkan rapat di pagi hari. “Aku itu paling produktif ketika pagi hari dan setelah jam 6 sore,” ujarnya. Nah, di waktu produktif itulah dia meluangkan semua waktunya untuk bekerja kreatif dan kritis.

 

Lacak kebiasaan Teman

Sebelumnya Penulis sempat menyinggung mengenai jurnal aktivitas bukan? Nah, teman bisa melakukan evaluasi setiap hari sebelum menuliskan prioritas aktivitas apa yang teman lakukan. Biasanya, Penulis akan menuliskan jurnal harian di malam hari dan menuliskan jurnal aktivitas seperti list to do di pagi hari. Dengan kebiasaan seperti ini, teman bisa melacak kebiasaan teman lho.

Hal ini sangat baik untuk mengingat hal-hal apa saja yang sudah dilalui, termasuk juga ketika dalam masa pengobatan. Teman bisa melihat perubahan apa yang terjadi dalam kesehatan teman. Menulis juga merupakan terapi yang terbaik bagi teman lho! Nggak perlu menulis dengan tulisan cantik, tulisan cakar ayam pun tidak ada masalah! Soalnya, tulisan Penulis juga tidak bagus hihi.

 

Teman tahu, ketika menulis dalam dua buku jurnal terpisah, maka ketika teman melacak dan melihat setiap tugas yang diselesaikan dengan baik, maka teman akan memiliki rasa pencapaian yang sangat besar dan dapat menjalani hari baru dengan pola pikir positif.

 

Berlatihlah Bersyukur sebelum tidur

Pasti teman-teman bertanya, bagaimana melatih untuk bersyukur sebelum tidur? Awalnya, Penulis juga bingung namun dalam sepanjang aktivitas keseharian kita. Pasti teman dan Penulis akan menemukan rasa syukur. Hal itu bisa dilatih dengan menuliskan beberapa hal yang harus disyukuri.

 

Menuliskan jurnal rasa syukur merupakan pengingat yang sangat membantu ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, misalnya ada masalah di tempat kerja, atau mengalami masalah internal dengan tim. Dengan demikian, rasa kuatir akan hilang dan pikiran negatif akan hilang tergantikan rasa syukur. Hal ini bakalan Penulis kupas tuntas dikemudian hari ya.

 

Oh ia, Penulis memiliki seorang teman blogger yang bernama Noven. Dia ini selain Penulis buku anak dan juga ibu rumah tangga yang super sibuk, merangkap asisten bisnis suaminya. Noven ini juga menuliskan artikel keren mengenai 15 menit pertama yang dilakukan orang sukses.

 

Apabila artikel ini menurut teman berguna dan membantu teman untuk bersemangat dan ingin SUKSES. Teman-teman boleh share dong artikel ini agar teman yang lain juga bisa mengikuti jejak langkah singkat untuk SUKSES dalam kehidupan.  

 

KESIMPULAN

Let’s do this every day

Olahraga di Pagi Hari, luangkan waktu 15 menit untuk melakukan olahraga. Jangan bergaul dengan orang yang negatif, ada baiknya Berteman dengan Orang yang MENYENANGKAN. Sehingga kita bisa menjalani kehidupan lebih baik. Persiapkan segala sesuatu di Pagi Hari. Jangan lupa mengetahui, kapan waktu produktif, lacak kebiasaan diri sendiri mana yang baik. Berlatihlah Bersyukur sebelum tidur.



Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

17 komentar untuk Hal-Hal Kecil yang Dilakukan Orang Sukses

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy

  1. Nah kalau ini yang sering kulakukan olahraga dan berteman dengan orang yang menyenangkan sista karena membuat termotivasi dan selalu ingin berbuat sesuatu yang baru hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olah raga pagi dulu rutin banget ah kenapa kini jadi mager huhuhu harus dipaksa lagi nih biar bisa sehat Dan sukses seperti sista citra

      Hapus
  2. Aku pun sama sista, kalau pagi hari rasanya sulit utk menulis. Tapi kalau bangun di pagi hari pun, rasanya itu udh kayak kewajiban .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku prime time nulis itu pagi Mbak. Enak dan lancar banget kalo nulis pagi-pagi. Tapi ya itu, seringnya terjeda karena kewajiban domestik emak-emak. Memang kudu diperjuangkan.

      Hapus
  3. Ternyata, orang-orang sukses ini banyak memulai hari sejak pagi hari ya. Dan sudah mempersiapkannya malam sebelum tidur. Jadi pas bangu tidur enggak buang-buang waktu gitu ya.

    BalasHapus
  4. Akhhh... PR terberat yang belum aku tuntaskan itu adalah olahraga. Selalu bolong2 😅 krn setiap melek mata langsung cuzz olahraga ke dapur buat nyiapin segala menu buat sarapan dan menu harian plus beberes. Btw thanks atas infonya say.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss kak. Membiasakan diri buat olahraga masih PR banget buatku juga kak. Rasanya iri juga liat pejuang hidup sehat bisa rutin olahraga tanpa mager dan terbebani

      Hapus
  5. Kebiasaan baik harian itu yang ingin saya terapkan di tahun 2021 ini kak, terutama masalah tidur. Inginnya tidur lebih awal, supaya pagi hari ya nggak keburu buru kaya ditulis di artikel kakak ini.

    BalasHapus
  6. Semua bener nih harus dilakukan , tetapi aku gak pernah melacak kebiasaan teman nih kak.

    BalasHapus
  7. Thanks sista... Aku baca berulang-ulang ini entah kenapa bikin aku tambah semangat, macam ada greget gitu. Ya hihihi. Yes aku juga mulai menarik diri dari teman yang toxic mending ngumpul dengan teman yang menyenangkan ya saling menyemangati

    BalasHapus
  8. Ternyata hal-hal kecil namun dilakukan rutin seperti olah raga dan mencatat list to do, bisa berdampak positif untuk kehidupan. Kuncinya mengenali diri sendiri dan disiplin.

    BalasHapus
  9. Kak citra, entah kenapa saat membaca tentang orang sukses pasti orang yang bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan juga memanfaatkan pagi hari sebaik mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ini Mbak. Hal yang sangat sederhana tapi dampaknya besar dalam kehidupan. Harusnya kita mencontohi dengan baik. Biar ketularan suksesnya.

      Hapus
  10. Bangun pagi bisa lebih produktif ya kak, dan terbukti banyak dilakukan oleh orang orang sukses.

    BalasHapus
  11. Bermanfaat banget infonya buat saya mbak, kujuga pengen jadi orang sukses tapi kadang masih suka menunda2 kerjaan. Akhirnya kadang hampir keteteran. Smg tipsnya bisa kuterapkan

    BalasHapus
  12. Setuju dengan olga pagi..karena kalau badan sehat semangat juga ikut meningkat jadi mengerjakan apa saja dengan senang hati dan mudah2an kesuksesan menyertai juga

    BalasHapus
  13. Tips yang membuat review jurnal di malam hari dan menyiapkan to do list di pagi hari itu penting banget karena kita memerintahkan otak untuk bersiap segala mental dan fisik untuk kegiatan di hari esok. Pas bangun kita juga udah tau apa aja yang mau dilakukan dan lebih siap sehingga lebih semangat.

    BalasHapus