7 Cara Mudah untuk Lebih Sehat




PetunjukHidup.com- Banyak sekali tips mengenai hidup sehat, Penulis sendiri terkadang suka membaca mengenai gaya hidup sehat! Berbagai macam buku tebal, majalah maupun artikel di portal yang mengajarkan hidup sehat selalu Penulis baca, bagaimana dengan kalian? Apakah kalian suka membaca mengenai hidup sehat.


Kalian pasti merasa, bawasanya kehidupan kalian sudah sempurna, baik dengan sistem pola makan, pemikiran dan juga aktivitas. Menurut kalian apa yang sudah dilakukan sudah benar adanya. Wah, Penulis salut deh dengan kalian yang sudah mengadopsi hidup sehat. Penulis masih terus berupaya menemukan cara mudah agar hidup selalu sehat baik pemikiran maupun jasmani.

7. Berpikir Positif dan Berfokus pada Rasa
Banyak sekali yang bilang dan bahkan penelitian mengatakan sikap positif yang sehat dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat. Serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kalian tahu, Penulis sudah tahu seh tubuh mempercayai apa yang Penulis dan kalian pikirkan, jadi fokus saja pada hal positif.


Beberapa waktu lalu, Penulis merasa tidak berdaya dan merasa tidak enak badan. Penulis terus berpikir dibawah alam sadar, rasanya enak sekali ya dikerik or dikerok tetapi apa daya, tidak ada yang bisa dimintai tolong. Penulis terus berpikir tidak enak badan; hingga tadi malam Penulis berpikir rasanya badan akan terasa segar ketika kaki direndam dengan air hangat yang diberi garam. Kalian tahu, apa yang Penulis pikirkan beneran terjadi. Sekarang, Penulis bangun dalam keadaan sehat, entah pergi kemana rasa ingin dikerik itu hilang. Memang teori dan praktik itu sangat sukar, tetapi cobalah untuk memulai memikirkan hal positif dalam kehidupan.

6. Makan Sayur Yuk!
Dari kecil Penulis dah tahu kalau lima sehat sempurna itu tidak terlepas dari makan sayur tetapi praktiknya, makan sayur itu tidaklah enak. Enakan makan lauk yang penuh cita rasa yang lezat. Kalian tahu, makan sayuran yang dikukus itu sangat baik untuk menurunkan risiko kanker paru-paru, usus besar, payudara, leher rahim, kerongkongan, lambung dan sebagainya. Makanya, banyak ahli kesehatan menyarankan untuk memakan sayur yang banyak mengandung fitonutrein diantaranya brokoli, kol, wortel, tomat dan sayuran hijau.

5. Berolahraga Setiap Hari
Pasti kalian bosan mendengar atau membaca kalimat berolahraga setiap hari. Iya, kalian dan Penulis sudah tahu olahraga itu sangat baik bagi kesehatan, tetapi sukar dan mager (malas gerak) selalu jadi PEMENANG. Nah, kalian tahukan olahraga sehari-hari dapat mengurangi biomarker penuaan? Bahkan termasuk meningkatkan penglihatan, menormalkan tekanan darah, meningkatkan otot tanpa lemak, menurunkan kolestrol, dan bahkan meningkatkan kepadatan tulang. Makaknya, yuk mulai melakukan olahraga jika kalian ingin hidup lebih lama ya dengan berolahraga secara rutin.

Tidak perlu sejam, sepuluh menit asal rutin saja kalian sudah bisa membuat perbedaan pada tubuh lho. Nggak mesti pergi ke tempat gym, kalian bisa melakuannya di dalam rumah atau di teras. Bahkan, sekedar jalan-jalan ke taman bersama anak-anak atau tetangga juga sangat baik bagi kesehatan.

Penulis sejak beberapa hari lalu suka berolahraga dari youtube untuk exersices pemula, kadang suka digoda sama tetangga, ngapain tuh, tetapi Penulis tetap melakukan gerakan olahraga ringan dengan musik samba dan bener lho, tubuh jadi berkeringat dan sehat. Nggak usah percaya kata Penulis yang menulis ini, tetapi coba deh buktikan saja sendiri.

4. Tidur Nyenyak
Penulis tahu banget, tidak semua bisa tidur dengan mudah seperti "KEBO" yang meletakan kepala di atas bantal sudah mendekur. Sebab, Penulis suka susah tidur malam juga, apalagi sejak main games, waduh, makin sukar tidur dah. Namun, tidur nyenyak di malam hari sangat baik bagi kesehatan Penulis dan kalian, benar tidak?


Penuliskan pernah mengikuti kelas Yoga dua kali sewaktu liburan di Bali. Nah, melakukan gerakan yoga dasar seperti tarik nafas, menutup mata atau meditasi bisa membuat tubuh merasa rileks. Asalkan menjauhkan pemikiran dari smartphone ya. Kalau itu, pasti sulit berhasil bagi kalian untuk tetap relax.

Jika kalian suka ngemil sebelum tidur, nggak masalah! Namun, ngemilnya seperti sereal gandum dengan susu, oatmeal, ceri atau teh. Setelah itu, gelapkan kamar kalian dan coba relax dan kemudian mata kalian terpejam dan sudah masuk ke dalam dunia mimpi.

3. Istirahatkan Diri Kalian
Banyak sekali orang yang berambisi untuk langsing, sehingga non stop berolahraga. Itu tidak benar. Kalian harus istirahatkan diri kalian lho, sebab olahraga atau melakukan kegiatan berlebihan akan membuat kalian mendapatkan masalah. Makanya, butuh yang namanya ISTIRAHAT. Jelas dikatakan istirahat berarti mengingistirahatkan diri kita agar bisa memulihkan diri untuk bisa kembali lagi melakukan aktivitas.

Bayangkan saja jika bekerja non stop 24 jam atau Penulis tuliskan 12 jam, tanpa istirahat. Bisa kalian bayangkan bagaimana tubuh akan cepat lelah yang bisa menyebabkan penurunan semagat, murung dan bahkan depresi; lebih ekstrim lagi STRESS sebab hormon kortisol yang menyebabkan STRESS meningkat drastis. Jadi, bisa kalian bayangkan betapa buruknya bekerja atau melakukan aktivitas berlebihan tanpa istirahat?

2. Perubahan KECIL berdampak Besar
Tahukah kalian ketika kalian melakukan hal kecil yang dianggap sepele tetapi berdampak besar bagi kalian, tanpa kalian sadari. Memang awalnya sangat sukar untuk dilakukan seperti kalian sudah terasa lapar ketika dalam perjalanan pulang. Sesampai di rumah, kalian langsung makan malam. Tidak ada salahnya sehabis makan malam, melakukan gerakan ringan seperti berjalan mengelilingi halaman atau garasi.

Sewaktu di kantor, makan siang dengan rekan kerja. Kalian suka pesan minuman bersoda bukan? Nah, jika benar, tidak ada salahnya mengganti minuman bersoda dengan segelas air sebagai penggantinya. Memang hal itu seperti perubahan kecil tetapi itu baik bagi kalian di masa depan.

1. Mendaftarkan Diri untuk Event
Pernah kan tuh mendengar informasi even gerak jalan atau olahraga santai setiap pekan? Tidak ada salahnya bagi kalian dan Penulis untuk mendaftarkan diri. Terkadang hidup suka merasa bosan ketika olahraga dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, tetapi ketika menjadi bagian tim maka akan berasa lain dan pastinya menyenangkan. Jadi, bagaimana mau mencoba mendaftarkan diri untuk event?

Hidup sehat itu tergantung dengan diri sendiri, tidak ada satu pun yang bisa mengubah kebiasaan diri kalau bukan diri sendiri. Hidup sebagaimana air mengalir tetapi tidak tercemar. Jika kalian merasa artikel ini ada manfaatnya, click share dan tinggalkan kolom komentar, bagian mana yang sudah menjadi bagian pada kamu.

 



Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra, Betraveler, Jejak Cantikkitabahagia, ngerumpi blog


Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








7 comments

  1. Plus bersyukur ya kakak. Maka semuanya akan komplit inner peace ya, plus sampingnya ada cemilan..eh

    ReplyDelete
  2. Mantap tipsnya. Sy juga lagi berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat..

    ReplyDelete
  3. Yang rada susah dilakukan itu olah raga tiap hari sih kak, sama susah tidur cepat. Kalo yang lain oke aja. Olah raga itu kadang kalo ga ada temennya bikin malas, wkkkk.

    ReplyDelete
  4. Wah tulisan yg bermanfaat sekaki kak, mudah2n bisa ikutin tips lebih sehat ala kk hhe

    ReplyDelete
  5. Aku yang belum bener ini suka begadang. Susah banget mau tidur awal.

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat sekali tipsnya kak. Tapi praktiknya kok mulainya susah amat ya.. haha

    ReplyDelete
  7. tips petunjuk hidup ini membuat banyak rekomendasi terpercaya

    terima kasih kakak

    ReplyDelete

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy