PetunjukHidup.com-Semoga selalu hidup dalam keadaan sehat dan berbahagia. Terkadang Penulis berpikir, apakah ada kehidupan bak di negeri dongeng. Dimana penjahatnya cuma satu, terus bisa diatasi dan happy ending sampai akhir. Sayangnya itu hanya dongeng pada buku anak yang dibuat sesingkat mungkin. Bahkan, Penulis sendiri saja membuat kisah novel untuk cerita anak dengan judul “Petualangan Pangeran dan Putri Penyihir” yang baru hadir dalam bentuk e-book; bisa beli di sini. Konflik dan perjuangan hidupnya saja panjang.


Bagaimana dengan kisah hidup nyata sang Penulis dan kamu? Pasti lebih panjang dari buku, bahkan langit saja akan penuh dengan cerita kita bukan? Hidup memang tidak semudah berbicara, tetapi yakinlah sesulit apapun hidup. Pasti ada jalan dan solusi untuk mengatasi persoalan hidup. Nah, Penulis berusaha untuk memberitahukan kepada kamu, bawasanya resolusi hidup itu nggak susah dan ribet.


Kamu hanya perlu melakukan pembaharuan dalam hidup, hanya ada 7  saja yang utama. Jika hal ini sudah bisa dilakukan, niscaya hidup bak negeri dongeng bakalan terjadi. (amin). Penasaran, apa saja itu! Sebenarnya hal sepele, tetapi kamu sebagai manusia suka meremehkan hal yang sepele ini bukan? Ayo jujur, coba pikirkan kembali kejadian tahun 2019? Apa yang Penulis tuliskan di sini benar adanya.

1. Kesehatan
Di dunia ini tidak ada harta yang paling berharga selain “KESEHATAN.” Hal itu benar adanya, Penulis pernah mengalaminya sendiri! Bagaimana rasanya sakit yang tidak tahu apa yang harus dilakukan. Menurut Wikipedia, “Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis.”

 

Jadi pada intinya kesehatan itu termasuk urusan fisik dan pikiran. Jadi, jaga selalu tubuh dan pikiran kamu untuk tetap sehat, bugar dan positif. Punya harta sebanyak apapun, jika jiwa dan raga sakit untuk apa bukan? Mana bisa menikmati hidup. Meskipun, kita hidup dalam keadaan serba kecukupan asal sehat jiwa dan raga; kenapa tidak! Pilih mana, sakit kaya raya, sehat berkecukupan? Kalau Penulis she mending sehat tapi berkecukupan, cukup uang beli rumah, jalan-jalan, makan.

2. Olahraga

Jangan menyepelekan olahraga. Ah, kamu sudah niat sore mau olahraga sekedar jogging di komplek rumah. Terus, kamu Me Time sambil main games atau nonton drama korea. Hingga pada akhirnya, kamu lupa niat awal untuk berolahraga.

Dari waktu ke waktu seperti itu terus, tanpa disadari setahun sudah berlalu. Terus, kamu baru sadar berat badan kamu bertambah; kamu jalan sedikit saja sudah kelelahan. Akhirnya, karena keasyikan tidak berolahraga jadi gampang terkena penyakit. Jadi semakin malas bergerak, karena jalan dikit saja sudah capek. 

 


Duh, jauhin balak ya teman! Yuk, kita mengubah gaya hidup yang tadinya malas berolahraga, jadi makin rajin berolahraga. Sebenarnya, olahraga itu nggak berat; hanya pemikiran aja malas berkeringat. Padahal, keringat itu sangat bagus. Sebab mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Makanan

Apa yang kamu makan, maka itulah yang kamu tuai. Idih seram sekali Penulis satu ini haha. Ini berdasarkan pengalaman Penulis sendiri lho, tiga bulan terakhir di pertengahan tahun 2019; Penulis lagi demen yang namanya makanan instant, bakso, fast food dan pada akhirnya. Penulis mendapatkan musibah, penyakit yang “menggerikan” akibat ulah Penulis sendiri. 


Jadi kamu jangan berpikir, makan apa saja nggak apa-apa. Salah besar, boleh sesekali makan makanan fast food, junk food. Asal tidak setiap saat dan mengikuti selera. Sebaiknya, kamu makan sayuran. Apalagi makan sayuran itu banyak variasinya bisa makan mentah, dikukus atau digoreng /ditumis. Manfaatnya, jauh dari yang namanya resiko kanker, usus besar, dan masih banyak lain. Tidak ada salahnya kamu menentapkan 5 makanan ideal. Hal itu akan membantu kamu untuk mengatur berat badan dan tetap fokus dalam bekerja maupun belaar.

4. Pemikiran
 
Entah kenapa tanpa disadari PEMIKIRAN negative itu kerap sekali muncul. Apalagi kalau kamu julid alias berburuk sangka sama orang, cemburu dengan kehidupan orang yang lebih baik. Hal itu membuat hidup kamu semakin menderita. Padahal orang yang kamu cemburuin itu biasa-biasa aja hidupnya, nggak nyusahin kamu. Jadinya, kamu sendiri yang kepo dan jadi uring-uringan nggak jelas. Jadi, yuk kamu yang masih suka kepo dan berpikiran negative coba dibuang dulu untuk tahun 2020 ini.


Berpikir positif dan fokus pada rasa terima kasih. Tau tidak kamu dan sebenarnya juga sudah bukan rahasia umum lagi; kalau sikap positif yang sehat itu membantu membangun sistem kekebalan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tubuh kamu memercayai apa yang kamu pikirkan, jadi fokuslah pada hal positif. Dah, nggak usah kepo dengan urusan orang lain. 

5. Uang

Uang bukanlah segalanya! Namun, hidup butuh uang. Asalkan jangan uang untuk hidup. Manusia yang bekerja tanpa henti untuk mengejar harta. Entah apa yang didapat. Penulis pernah membaca kisah orang kaya raya yang memutuskan meninggalkan semua kekayaannya dan hidup di hutan. Bahkan, menjual sahamnya agar bisa hidup lebih santai dan nyaman. Terus kamu yang biasa saja, mengejar duit tak seberapa tanpa mempedulikan kesehatan kamu.
Memangnya uang tersebut bisa mengganti waktu kamu yang terbuang! Memangnya uang itu bisa memberikan kebahagiaan bagi kamu? Taukah kamu semakin tinggi kekayaan seseorang, semakin besar beban kehidupan seseorang; mulai dari gaya hidup yang biasa-biasa jadi harus naik kelas; sesuai dengan jabatannya. Mungkin teman pernah mendengar kisah seorang nelayan dan pebisnis sukses, jika belum jangan lupa baca kisah inspirasi di kitabahagia.com ya. Insyaallah akan dibahas kamis ini di blog Penulis satu lagi.

6. Teman
 
Sudah bosan kamu mendengar, teman kamu merupakan wujud kamu. Pernah tak mendengar orang berkata begini pada kamu, “Tunjukan teman kamu, maka aku akan tahu siapa kamu!” Biasanya teman merupakan cerminan diri kita sendiri. Jadi, pandai-pandailah kamu memilih teman. Bukan berarti memusuhin orang lain ya!

Begini maksud Penulis, jika kamu berkumpul dengan grup tukang gossip maka kamu tanpa disadari jadi suka bergossip. Apabila kamu bergaul dengan orang yang memiliki motivasi hidup yang tinggi, maka kamu akan tertular aura positif untuk terus maju terus. Jadi, pergaulan memang bisa mempengaruhi seseorang cepat atau lambat. Sama halnya dengan batu karang, sekeras apapun dia jika tiap hari ditetesin air maka dia pun akan melunak.

7. Goal

Manusia hidup harus memiliki tujuan. Nah, tentukan goal kamu di tahun 2020. Penulis sejujurnya sudah menyiapkan banyak goal untuk dicapai. Sebab, Penulis berpikiran begini “Manusia yang memiliki rencana dan niatan untuk mencapai tujuan akan mudah menemukan jalan. Dibanding mereka menjalani hidup tanpa arah dan tujuan jelas. Mereka bagaikan robot yang memiliki tombol on dan of.”
Jadi teman sudah memiliki goal apa saja yang ingin dicapai di tahun 2020? Jangan sampai tahun 2020 ini terlewat begitu saja, tanpa ada kesan yang berarti dalam menjalani hidup. Kita memang manusia biasa yang memiliki banyak rencana, tetapi Tuhan jugalah yang menentukan arah kehidupan kita. Meskipun demikian, tidak ada salahnya mencoba menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Perbaharui hal yang buruk ditahun sebelumnya, agar masa depan semakin gemerlap.


Jika kamu beranggapan bawasanya artikel ini memiliki nilai tersendiri bagi kamu. Tidak ada salahnya berbagi dengan teman dengan menekan tombol share agar teman yang lain juga mengalami perubahan yang lebih baik kedepannya. Jika, kamu beranggapan artikel ini konyol, silahkan komen dibawah ini agar Penulis memperbaharui artikel selanjutnya menjadi lebih baik lagi.

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com



Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

11 komentar untuk 7 Hal yang Harus Diperbaharui Dalam Hidup

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy

  1. Buat saya olahraga dan apa yang dimakan, masih harus banyak diperbaiki. Utamanya olahraga, belum pernah berhasil rutin dilakukan 🙈.

    ReplyDelete
  2. Waduh, olahraga saya malas. Makanan juga suka kurang dijaga. Belum yang lain-lainya, ahahaha. Semoga saya bisa mengikuti petunjuk hidup ini.

    ReplyDelete
  3. Nyaris semua yang ada di daftar itu ada di resolusi tahun 2020 saya, terutama soal olahraga, saya dasarnya pemalas olahraga, tahun ini mau diruntinkan hhe

    ReplyDelete
  4. Kesemua di atas ini betul banget. Kesimpulan semuanya adalah goal untuk kesehatan, pola makan, dan pengaturan lainnya yang masih banyak tidak tepat. Semoga kita bisa semakin produktif di tahun ini 🤗

    ReplyDelete
  5. Emang bener sih kak, 7 hal itu yang perlu terus di-update jadi lebih baik untuk hidup yang lebih baik.

    ReplyDelete
  6. Olah raga masih pe-er nih buatku. Minggu yl nyoba berenang lagi. Begonya aku engga pakai pemanasan, jadi deh kram. Haha...Kalau makanan sih udah sadar. Perbanyak sayur dan buah. Yang lain-lain pelan-pelan mulai diikuti deh. Jangan terlalu banyak mikir...Santuy aja yah...

    ReplyDelete
  7. Setuju banget sama poin 'Pemikiran'. Kadang kalau pikiran bermasalah dan kita nggak bisa mengendalikannya, sakit pun bisa menyerang. So, buat pikiran kita se hepi mungkin biar kekebalan tubuh juga baik

    ReplyDelete
  8. Terkait nomor satu, saya dan keluarga sebijak mungkin datang ke dokter mba. Kalo emang sakitnya mengkhawatirkan baru ke dokter. Kalo dulu, batuk flu dikit langsung ke dokter. Kekekeke. Akibatnya daya tahan tubuh justru makin ketergantungan sama obat.

    ReplyDelete
  9. Betul sekali Mbak, dari ke-7 hal tersebut saling berkaitan satu sama lainnya. Jika dari ke-6 hal sudah dilalui dengan baik, maka hasil yang dicapai ada pada hal yang ke -7 yaitu "Gol"

    ReplyDelete
  10. Yg masih menjadi perjuangan saya itu di makanan, olahraga, pemikiran positif, sama goal ... doakan agar berhasil ya kak

    ReplyDelete
  11. Betul juga ya, selama ini pola makan masih asal-asalan. Dan itu jelas ngaruh ke kesehatan. Badan ga sehat pikiran jadi tidak tenang. Semua jadi berantakan. Mungkin semua bisa diawali dengan menjaga kesehatan ya...dan banyak bersyukur tentunya. Terima kasih tipsnya...

    ReplyDelete