PetunjukHidup.com-Bagi Anda para umat Islam yang berencana untuk segera berangkat haji ke tanah suci, hendaknya mulai dari sekarang sudah mulai mempersiapkan biayanya, diantaranya adalah dengan menabung. Banyak sekali pilihan tabungan yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan dana tersebut agar lebih aman. Baik itu di bank syariah maupun konvensional, setelah cukup nantinya bisa mulai mendaftar dan memberikan setoran haji tersebut agar segera dapatkan nomor antrian. Apalagi bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya daftar antrian untuk haji semakin lama semakin panjang, bisa sampai belasan tahun.


Jika berbicara mengenai kehalalannya sendiri, memang lebih aman jika seandainya Anda menabung lewat lembaga keuangan syariah. Apalagi pada dasarnya ia bekerja dengan menggunakan prinsip-prinsip dalam Islam, seperti diantaranya adalah:
 1. Mudharabah, prinsip yang satu ini adalah perjanjian antara kedua belah pihak yang pemilik modal dan juga pengelola dana, dimana jika ada keuntungan nantinya akan dibagi berdasarkan kesepakatan bersama.
2. Musyarakah, ini adalah akad kerjasama antara dua pihak ataupun lebih, guna mendirikan usaha kemudian mengelolanya bersama-sama, tingkat keuntungan dibagi sesuai kesepakatan, begitupun jika seandainya ada kerugian.
3. Wadiah, ini adalah prinsip yang murni titipan dari satu pihak kepada pihak yang lainnya.
4. Mudharabah, yaitu akad jual beli yang melibatkan bank dan juga nasabah, tentunya telah disepakati oleh kedua belah pihak.
5. Salah, yaitu transaksi jual beli terhadap sebuah barang tertentu kepada pihak penjual maupun pembeli. Tentunya menambahkan keuntungan di dalam harga pokoknya.
6. Istishna, yaitu prinsip jual beli dengan penyerahan yang dilakukan pada kemudian hari, penyerahan uang juga dapat dilakukan dengan sistem angsuran atau cicilan.
7. Ijarah, ini adalah sebuah akad yang hanya memindahkan nilai guna barang, bukan kepemilikannya.
8. Qardh, sebuah perjanjian pinjam-meminjam uang maupun barang, dilakukan tanpa adanya orientasi keuntungan.
9. Hawalah, pengalihan utang dari satu orang kepada orang lain yang memang berhak menanggungnya.

 
Jadi pastinya dijamin halal, pilah-pilih produk multiguna syariah yang cukup lengkap seperti dari Bank Bukopin Syariah.

Semua orang pernah mengalami, bagaimana susahnya berkomitmen untuk menabung; termasuk Penulis sendiri. Tips dari Penulis ketika menabung. Pastikan setiap bulan konsisten dengan menentukan jumlah dana atau uang yang harus ditabung.

Begitu menerima gaji, langsung sisihkan dan buat neraca keuangan misalnya sewa rumah, makan, transportasi, biaya listrik dan telepon, biaya pendidikan anak, tabungan anak, yang saku anak, belanja bulan dan uang tabungan mati. Maksudnya, setelah menabung di bank tabungan khusus, seperti bank syariah. Teman jangan memikirkan bawasanya teman menyimpan uang tersebut.



Anggaplah, uang tersebut merupakan pengeluaran yang tidak ada jejaknya. Sehingga aman dan bisa menyimpan uang sesuai target, contohnya uang untuk umroh atau naik haji. Niscaya, keinginan menabung tanpa memikirkan jumlah uang yang sudah tersimpan. Begitu hari yang sudah ditentukan tiba. Teman akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri. Soalnya, Penulis sudah membuktikannya. Selalu berhasil mencapai goal yang diinginkan.  



Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com



Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

12 komentar untuk Jaminan Halal, Ternyata Inilah Prinsip dalam Transaksi Keuangan Bank Syariah

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy

  1. thanks sharingnya. Indonesia mayoritas muslim penduduknya, produk syariah semakin digemari :) krn sesuai dengan ajaran agama.

    ReplyDelete
  2. Boleh juga nih sarannya buat cara menabung, soalnya selama ini menabung rasanya susah buat konsisten. hasilnya adi nggak maksimal deh

    ReplyDelete
  3. wah jadi tau jaminan halal melalui prinsip-prinsip ini, biasanya lalu lalang bank syariah namun tak tahu secara pasti lengkapnya. terima kaish sudah berbagi, aku jadi tahu kak hihi

    ReplyDelete
  4. Akupun sama suami ke bank syariah, pakai akad mudarobah. Lebih aman di hati insya Alloh

    ReplyDelete
  5. Beruntung kita tinggal di Indonesia, dimana ada Bank Syariah yang memakai prinsip-prinsip Islam. Aku sendiri juga nasabah di salah satu Bank Syariah.

    ReplyDelete
  6. Wahh enak ya kita di Indonesia, prinsip nya sudah jelas. jadi tak perlu ragu lagi

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah Bank Syariah sekarang memudahkan bgt ya. Pilihan akadnya gak bikin risau..

    ReplyDelete
  8. Yup apalagi sekarang sudah banyak bank syariah ya. Jelas lebih amanlah jika kita menabung di bank yang mengusung konsep syari.

    ReplyDelete
  9. Nabung di bank syariah jadi lebih tenang ya.
    Aku juga jadi nasabah bank syariah

    ReplyDelete
  10. Tulisan yang bagus nih biar bisa menyisihkan penghasilan untuk tabungan. Kalau aku punya satu rekening khusus untuk nabung yang sengaja tidak dibikin atm-nya, biar tak gampang ambil-ambil, juga tak terhubung secara online. Pokoknya kalau mau ambil harus ke bank dan ini cukup manjur buat aku yang suka malas antri berdiri lama-lama gitu. Jadinya kalau nggak butuh banget ya nggak pergi ke bank tersebut.

    ReplyDelete
  11. Sekarang bank syariah makin banyak. Insya Allah kita yg bertransaksi dg bank tersebut bisa lebih tenang karena menggunakan konsep syariah yabg baik.

    Jadi pengen segera menabung untuk berangkat haji nih. Semgoa bisa... aamiin aamiin...

    ReplyDelete
  12. Kalau udah yakin kehalalannya, jadi lebih tenang mau investasi atau nabung. Memang harus tahu dulu akad-akad yang sesuai syariat :) Thanks for reminding ya kakak.

    ReplyDelete