Semangat Olahraga Dari Diri Sendiri



PetunjukHidup.com- Hidup sehat di mulai dari sendiri! Namun, kapan mulainya jika hanya rencana saja tanpa tindakan. Penulis memahami kondisi ini, soalnya Penulis juga suka menunda-nunda jika berurusan dengan olahraga. Padahal, Penulis suka merasa cemburu pada teman Penulis yang fisiknya kuat.



Pernah suatu ketika, ketika Penulis liburan ke Pulau Tioman, Malaysia. Di sana Penulis berjumpa dengan orang asing (eh, Penulis kan juga orang asing ya. Kan, di Negara tetangga). Kami pun menjadi TEMAN selama di Pulau Tioman tersebut. Penulis kan orangnya usil, suka bertanya banyak hal. Maklum, kebiasaan kepo eh nanya sebagai mantan wartawan kagak bisa hilang. Bagaikan mendarah daging, apabila ada santapan empuk untuk ditanya dan bermanfaat juga bagi Penulis dan kamu pastinya.

“Apa sih rahasianya kamu bisa jalan cepat dan tanpa lelah begitu. Apalagi barang yang kamu bawa itu berat dan besar.” Wanita bule itu menjawab, KEBIASAAN. Dia juga bilang sebelumnya, dia juga tidak mampu berjalan jauh dengan membawa beban berat. Namun, karena sudah terbiasa. Jadi, lebih mudah. Sarannya, coba terus setiap hari; jangan langsung banyak tetapi sedikit demi sedikit.

Kendalanya itu adalah terkadang kita (Penulis dan kamu) itu tidak memiliki MOTIVASI. Apalagi untuk urusan OLAHRAGA. Selalu saja ditunda-tunda. Padahal, olahraga itu sangat baik bagi tubuh. Terus, bagaimana dong agar bisa termotivasi untuk berolahraga?

Segera Pakai Baju Olahraga
Ketika Penulis sudah berencana mau pergi olahraga. Penulis langsung mengganti PAKAIAn yang biasa Penulis pakai menjadi baju olahraga. Kalau-kalau saja, mood Penulis bisa down karena keasyikan nonton TV sehabis pulang kerja atau selesai bekerja.

Dengan menggunakan pakaian olahraga, hal itu membuat Penulis seperti diingatkan agar segera menggerakan badan keuar dari zona nyaman untuk berkeringat. Kamu juga bisa mencoba trik ini agar kamu tidak ikutan mager usai pulang ngantor. Penulis memahami rasa lelah seharian bekerja, pengennya leyeh-leyeh. Namun, olahraga juga PENTING buat kesehatan.


Buat Jurnal Perasaan Usai Olahraga

Kesannya lebai banget ya! Masa olahraga Cuma jalan tiga ratus meter buat jurnal perasaan setelah usai latihan atau olahraga. Sejujurnya, hal ini sangat menyenangkan. Meskipun, belum sepenuhnya Penulis lakukan. Sesekali aja, Penulis lakukan via voice note biar go green. Padahal, bagus lho. Misalnya, bulan ini Penulis biasanya suka ngos ngosan kalau jalan dari bukit; dekat tempat tinggal Penulis.

Penulis pusatkan latihan di situ. Bagaimana kondisi Penulis setiap hari ketika menaiki bukit kecil itu. Alhasil, Penulis merasa senang. Pasalnya, Penulis merasa senang banget. Biasanya Penulis harus berhenti setiap empat langkah, tarik nafas dan ngos ngosan. Bahkan kelelahan. Sekarang, Penulis bisa melaluinya dan berhenti hanya sekali saja, dan itu pun tidak sampai kelelahan. Apalagi ngos ngosan. Semoga, segera bisa dijalani dan bahkan lari. Penulis buat tulisan perasaan Penulis yang senang dan gembira, ketika berhasil melaluinya tanpa kelelahan.  

Coba deh ikutin tips dan trick Penulis ini mengenai membuat jurnal mengenai perasaan ketika usai latihan. Sesuai dengan target yang kamu tetapkan. Pasti, kamu akan merasa senang dan termotivasi untuk bisa lebih lagi dari sebelumnya.

Ingat mengapa Kamu memulai Olahraga
Kenapa kamu berkeinginan untuk olahraga? Ingat lah alasan pertama kali, kenapa kamu memulai berolahraga. Penulis mencoba mengingat alasan Penulis kenapa olahraga. Penulis merasa badan Penulis sudah kegendutan. Lantaran, jarang berolahraga. Bahkan, Penulis jadi lambat bergerak dan cepat lelah. Makanya, Penulis ingin berolahraga.

Apabila rasa malas menghampiri Penulis. Penulis mencoba mengingat alasan kenapa Penulis ingin berolahraga.  Biasanya, semangat pertama ketika berolahraga bisa menjadi api pemicu di hari-hari berikutnya yang mulai kendor. Nah, kalau kamu apakah sudah memiliki alasan agar membakar semangat untuk berolahraga; apabila merasa down untuk melanjutkannya?

Cobalah Berolahraga Berkelompok
Terkadang memiliki teman untuk berolahraga sangat menyenangan dan bahkan menjadi semangat tersendiri. Namun, bagaimana menemukan teman yang memiliki keinginan olahraga. Memang susah pakai banget! Namun, Penulis mengajak keponakan ataupun Mama Penulis untuk olahraga bareng.

Kami saling support untuk terus olahraga. Meskipun kata Mama Penulis seperti panas-panas tahi ayam haha. Maksudnya, moodnya masih naik turun. Terkadang kebakar bagai bara api. Terkadang lemas kaya slime. Namun, setidaknya memiliki teman perjuangan dalam berolahraga lebih menyenangkan dari pada seorang diri! Menurut kamu bagaimana teman?

Buat Target dan Challenge




Katanya, Manusia itu akan termotivasi jika ada TANTANGAN dan target yang pasti. Menurut kamu benar tidak? Kalau menurut Penulis sih sah-sah saja. Sebab, kita lebih terpancing bara api ketika membuat tantangan dan target. Sehingga, tidak ada kata kendor untuk malas berolahraga.

Penulis saja merasa senang dan bahagia. Sebab, sekarang Penulis bisa memakai pakaian Penulis buat Sembilan tahun lalu. Sekarang, Penulis targetkan untuk bisa muat menggunakan pakaian, ketika Penulis memiliki bobot berat badan 55 Kilogram. Kira-kira bisa nggak ya?

Buat kamu yang info grapisnya sama seperti Penulis dalam urusan olahraga. Bisa mengikuti jejak Penulis dalam memotivasi dari untuk berolahraga. Apalagi ada banyak sekali manfaat bagi orang yang demen olahraga. Selain menjaga kebugaran tubuh, juga bisa membuat badan seksi. Langsing dan o.k! Menurut kamu, apa sih motivasi bagi kamu untuk olahraga, dan bagaimana mengatasi rasa malas.

Share dong soalnya Penulis sama seperti teman Penulis yang jualan online. Kadang laris keras, kadang kagak ada yang beli. Kan, sedih kalau seperi itu. Maunya ada yang beli terus. Sehingga Penulis jadi semangat untuk bisa memberikan motivasi diri agar tidak menyerah. Jangan sampai  merasa ogah-ogahan untuk berolahraga. Apalagi target sudah ditetapkan untuk diri sendiri. Yuk, bantu memberikan SEMANGAT pada Penulis dengan memberikan tips dan trik yang telah kamu lakukan untuk terus semangat berolahraga.


Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








No comments

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy