Manfaat Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan Pribadi Kamu

Petunjukhidup.com
- Di sini siapa yang masih belum memanfaatkan buku untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan pribadi? Kenapa, kita harus mencatat keuangan dengan jelas? Sebab, mencatat keuangan jelas mempunyai tujuan yang sangat penting bagi keuangan. Tujuan utama dari mencatat keuangan adalah memberikan kamu informasi pengeluaran serta pemasukan baik hitungan hari, mingguan, dan bulanan yang berdasarkan kemauanmu. Namun idealnya mencatat keuangan dilakukan setiap hari.

 

Mencatat keuangan setiap hari sangat diperlukan, karena pasti kamu setiap harinya membeli keperluan seperti makan dan minum yang perlu kamu catat. Banyak diantara kita pasti yang tidak mencatat keuangan tapi tiba-tiba bingung uang yang ada di rekening dan dompet mulai menipis.

 

Nah tujuan mulianya mencatat keuangan pribadi berangkat dari hal-hal yang membuat kita heran kemana perginya uang-uang yang sudah capek-capek kita kumpulkan. Selain pengeluaran kamu juga harus mencatat pemasukan, biar kamu bisa tau nih setelah mencatat keuangan ingin membeli keperluan apa aja dengan bijak. Berikut ini manfaat mencatat pengeluaran:

 

Mencegah Bocornya Cashflow

Cashflow adalah istilah aliran yang yang kamu terima dan kamu keluarkan atau bisa juga disebut sebagai Cash in flow dan Cash out flow.  Pasti udah tau kan perbedaan antara Cash in flow dan Cash out flow, yaitu adalah arus uang masuk dan arus uang masuk. Nah mencatat keuangan akan membantu kamu mencegah kebocoran pada arus uang pribadi mu.

 

Dengan mencatat keuangan kamu pasti akan tau berapa uang yang masuk dan berapa uang yang keluar. Jika kamu mencatat keuangan kamu pasti akan memahami kemana uang kamu harus keluar agar tidak bocor, sehingga tidak terjadi keborosan yang akan membuat kamu menyesal nantinya.

 

Yakin Mencapai Tujuan Keuangan

Mencatat keuangan akan membuat kamu menjadi kepribadian yang lebih baik. Terbiasa mencatat keuanganmu kamu akan mengerti potensi keuangan kamu sudah sejauh mana, dan sudah bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan apa. Kamu akan lebih yakin dalam mengejar targetmu, bahkan kamu sudah tau kapan targetmu akan tercapai.

 

Lebih Menghargai Uang

Ini merupakan manfaat dari mencatat keuangan pribadimu yang paling penting. Kamu akan jauh lebih mengenal uang dibandung sebelumnya. Kamu akan lebih menghargai uang dan juga kamu akan lebih menghargai dirimu yang telah lelah mendapatkan uang.


Terbiasa mencatat keuangan akan membuat kamu sangat berhati-hati dalam menggunakan uang. Kamu akan lebih bisa menahan godaan membeli keperluan yang tidak penting bagi kamu. Kamu akan tau sebarapa besar nilai uang dalam setiap lembarnya, dan berfikir berkali-kali dalam membelanjakanya.

 


Kamu tau tidak bahwa sekarang ada Internet ebanking yang bisa membantu kamu untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan kamu sehingga tidak kelupaan lagi mencatat. Aplikasi BRImo dari bank BRI memberikan fitur menarik yang akan membantu kamu melakukan itu semua.

 

Fitur Personal Financial Management atau PFM. Fitur ini dapat digunakan untuk mencatat jumlah pendapatan dan pengeluaran kamu. Pengeluaran melalui BRImo akan tercatat secara otomatis, dan BRImo dapat menginformasikan persentase pengeluaran dibandingkan dengan pendapatan kamu.

 


Nah, bagi teman yang belum memiliki tabungan, bisa mencoba menabung di BRI dan memanfaatkan layanan yang ada di perbankan tersebut. Pastinya, hal itu akan memudahkan hidup kita dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan dana yang ada di rekening.

 

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy