PetunjukHidup.com- Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang indah dan menawan. Namun, kulit yang bagus bukan hanya soal DNA, melainkan juga kebiasaan sehari-hari lho. Kebiasaan teman pada kenyataannya, berdampak besar pada apa yang teman lihat di cermin. Mungkin sebagian besar dari kita tergantung pada ulasan produk mana yang kita baca atau dokter yang menjadi tempat kita konsultasi persoalan masalah kulit.

 

Penulis tahu banget untuk memilih produk kecantikan tidak semudah memilih menu makanan sehat setiap hari. Soalnya, ada banyak produk kecantikan yang menawarkan perawatan rutin setiap hari dan juga pelbagai ulasan yang mengatakan produk tersebut sangat baik bagi kulit. Namun, bagi teman seperti Penulis yang tidak mampu membeli produk yang super duper mahal. Bukan berarti tidak bisa melakukan perawatan kulit lho!

 

Tips Perawatan Kulit Sebelum Dilakukan

Pada dasarnya perawatan kulit itu ada tiga langkah utama yang harus teman dan Penulis lakukan. Ini merupakan tiga langkah utama dan standar yang perlu dilakukan setiap hari agar kulit tetap terjaga. Apakah itu?

 Mencuci Wajah (Clensing)

Menyeimbangkan kulit (toning)

Menghidrasi dan melembutkan kulit (moisturizer)

 

Teman harus ingat tujuan teman melakukan perawatan rutin pada kulit yakni untuk menyempurnakan warna kulit dan membuat kulit wajah tetap terjaga kelembabannya. Tentunya saat melakukan perawatan rutin pada wajah, tidak serta merta wajah kusam jadi kembali sempurna. Pasalnya, semua itu BUTUH WAKTU.

 

Mungkin teman menyadari bawasanya produk perawatan kulit itu dari waktu ke waktu berkembang sangat pesat. Namun, bukan berarti produk kecantikan tersebut bisa memberikan solusi instan. Teman butuh waktu untuk merasakan manfaat dari produk yang teman gunakan. Untuk melihat hasil produk kosmetik atau kecantikan yang digunakan, tentunya teman dan Penulis harus konsisten dalam menggunakan produk kecantikan setiap hari, makanya PENTING sekali untuk melakukan perawatan kulit secara rutin! Jangan hanya melakukan perawatan rutin satu atau dua kali dalam seminggu, sudah bisa dipastikan no way! Teman tidak akan mendapatkan hasil yang sempurna atau melihat perubahan pada wajah teman.

 

 INGAT! Produk perawatan kulit apapun, apabila di aplikasikan secara berurutan seperti cleanser, toner, serum dan moisturizer maka teman akan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Perawatan Kulit

Tahapan untuk melakukan perawatan kulit adalah dengan membersihkan terlebih dahulu. Tahukah teman, kalau mencuci wajah terlebih dahulu merupakan langkah dasar dan sangat penting bagi rutinitas perawatan kulit? Ingat aktivitas di rumah maupun diluar secara langsung atau tidak langsung, kulit kita bersentuhan dengan polutan lingkungan, kotoran dan faktor lain setiap hari. Karena itulah, sangat penting untuk menghilangkan kotoran pada wajah setiap hari. Ada baiknya mencuci wajah dua kali sehari yakni pada pagi dan malam hari untuk menghindari pori-pori tersumbat, kusam dan berjerawat.

 

Temukan Pembersih Wajah  

Memilih produk perawatan wajah memang tidak mudah untuk memastikan apakah produk wajah tersebut sangat baik bagi kulit kita? Selain harga skincare yang lumayan menguras kantong. Namun, teman harus memperhatikan formula yang tepat untuk membersihkan kulit wajah teman tanpa menghilangkan minyak esensial dan sehat.

 

 Toner, nah teman-teman pasti sudah tahu bukan bagaimana cara menggunakan Toner? Bagi banyak orang, kata "toner" mengingatkan kita pada astringents yang menyengat dari tahun 80-an. Dimana pada tahun 80-an tersebut produk toner berbasis alkohol yang digunakan untuk mengeringkan kulit berminyak dan menghilangkan kotoran yang tersisa setelah pembersihan. Perkembangan teknologi yang semakin modern, tentunya formula tahun 80-an sudah ada perubahan.

 

Ingat beberapa bahan seperti asam alfa dan beta hidroksi bisa untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dengan lembut, memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari, dan meminimalkan kulit kusam. Sedangkan asam hialuronat untuk meningkatkan hidrasi, menyegel kelembapan dan menghilangkan garis-garis halus secara halus. Sedangkan air mawar dan teh hijau untuk menenangkan iritasi dan mengurangi kemerahan dengan efek anti-inflamasi. Vitamin E dan C untuk melawan paparan radikal bebas yang dapat menua kulit teman setiap hari.

 

Apa itu Toner?

Toner merupakan skincare runtin harus dilakukan setelah membersihkan wajah dengan sabun muka dan sebelum memakai apa pun pada wajah. Metode aplikasi tradisional adalah dengan membasahi kapas dan menyebarkannya ke wajah teman.  Namun, seharusnya ketika teman mneggunakan toner ada baiknya menggunakan tangan teman yang bersih. Tuangkan beberapa tetes toner pada telapak tangan, lalu usap pada wajah! Toner dapat digunakan pagi dan malam, tetapi teman mungkin ingin menggunakan formula yang mengandung asam pengelupas hanya pada malam hari atau dua hari sekali.

 

Lebih lanjut tentang Cleansing dan Toners

Sederhananya, serum adalah sekutu kulit yang kuat. Dipenuhi dengan dosis bahan aktif terkonsentrasi, ramuan ini dapat mengurangi sejumlah masalah, dari bintik hitam hingga keriput.  Bahkan jika teman tidak memiliki masalah khusus, semua orang masih membutuhkan serum antioksidan umum di pagi hari untuk melindungi dari serangan harian.

 

Untuk menghemat waktu, biasanya orang mencampur serum dengan pelembab. Sebab, ada banyak sekali serum yang digunakan untuk setiap persoalan kulit yang ada. Namun, ingat! jangan coba mencampurkan serum ke dalam moisturizer teman. Pasalnya, hal itu bisa mengurangi kemampuan serum untuk menyerap secara efektif. Produk harus diterapkan satu per satu.

 

Pelembab

Fungsi pelembab yang paling dasar adalah melembabkan dan melembutkan kulit. Pada dasarnya, pelembab membantu mencegah kehilangan air melalui lapisan luar kulit.

Bagaimana Memilih Pelembab

Setiap orang membutuhkan kelembapan, tetapi tekstur pelembab teman akan berbeda sebab tergantung pada jenis kulit teman.  Nah, teman harus mengetahui perbedaan pelembab atau krim siang dan malam. Krim yang teman aplikasikan di pagi hari dilengkapi untuk melindungi kulit teman dari penyerang lingkungan yang akan temam hadapi saat meninggalkan rumah.

 

Banyak krim yang mengandung antioksidan untuk meminimalkan radikal bebas berbasis polusi dan tabir surya untuk melindungi teman dari radiasi ultraviolet. Produk pelembab wajah biasanya memiliki konsistensi yang ringan. Berbeda dengan krim malam, dimana krim malam fokus pada perbaikan kerusakan yang mungkin teman dapatkan dengan bahan-bahan seperti retinol untuk mempercepat pergantian sel dan melawan bintik hitam.

 

Krim ini juga mengisi kembali tingkat kelembapan, yang secara alami turun di malam hari, dengan pelembab yang sering kali menghasilkan tekstur yang kaya dan kental.

 

Krim Mata

Bisakah teman bertahan hidup tanpa krim mata? Benar. Tetapi, jika teman memiliki masalah khusus - seperti hiperpigmentasi, kekeringan atau bengkak, Teman mungkin ingin mencobanya.  Kulit di sekitar mata cukup tipis dan halus, dan lebih mungkin bereaksi terhadap bahan-bahan yang mengiritasi dibandingkan area lain.  Oleh karena itu, dokter kulit biasanya merekomendasikan krim mata yang mempertimbangkan sensitivitas potensial dan memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih dapat ditoleransi.

 

Untuk kantong dan peradangan di bawah mata, kafein, peptida, dan asam hialuronat dapat menenangkan. Lingkaran hitam bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang terlihat atau perubahan warna sebenarnya yang umum terjadi pada warna kulit yang lebih gelap. Cari bahan pencerah seperti vitamin C, asam kojic dan niacinamide.

 

Tips: Hindari retinol yang kuat (yang dapat menyengat dan membuat kemerahan) dan wewangian, untuk menghindari iritasi mata.

Lindungi Dengan Tabir Surya

Semua pakar memiliki satu suara bahwa tabir surya adalah produk perawatan kulit yang paling penting. Produk ini sangat penting sebagai bagian dari rejimen sepanjang tahun. Penggunaan tabir surya setiap hari dan konsisten membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan, ketidaksempurnaan tekstur, dan perubahan tampilan pori-pori dari waktu ke waktu. Lebih penting lagi, penggunaan tabir surya setiap hari dapat membantu mencegah pembentukan kanker kulit tertentu. Hal yang mudah diingat, para ahli merekomendasikan penggunaan pelembab harian dengan SPF spektrum luas bawaan minimal 30.

 

Ada banyak perdebatan tentang tabir surya mana yang terbaik dan paling aman untuk kulit teman. Teman memiliki dua jenis bahan dalam formula:

Bahan kimia, seperti oxybenzone dan octinoxate, yang diserap ke dalam kulit teman untuk melawan kerusakan akibat sinar ultraviolet.


Wah produk perawatan kulit pasti mahal sekali ya? Tidak juga, teman-teman tidak perlu melihat brand tetapi melihat kandungan bahan produk kosmetik yang cocok digunakan teman! Ingat, perawatan rutin setiap hari itu sangat penting, dibandingkan produk harga ratusan ribu tetapi tidak digunakan setiap hari. Sama seperti sista Deris memiliki artikel bagaimana menghilangkan flek hitam dengan produk lokal, kualitas internasional.

 

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

10 komentar untuk Skincare Rutin Ye or No

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy

  1. Kalau aku rutinnya sih pakai makeup remover sama sabun muka aja, tapi sebenarnya harus pakai susu pembersih ya, aku cukup makeup remover biar gak ribet, aku belum pakai krim mata nih kak.

    BalasHapus
  2. Runut sekali sista. Tapi emang bener banget. Mau selengkap apapun skincare yg kita punya kalau tidak rutin ya percuma. Wah, aku harus mulai rutin nih, merawat kulit lagi 😁

    BalasHapus
  3. Dulu aku penganut skincare air wudhu. Sejak jerawat membandel akhirnya kapok. Sekarang setia pake skincare dan seneng diracunin produk skincare

    BalasHapus
  4. Nah aku tuh suka lupaan terus kalau gunakan tabir surya abis pake pelembab bedakan dikit udah deh..habis tabir surya tuh bikin kulit lengket gitu ya,, tapi setelah melihat artikel ini kyknya emang wajib gunakan tabir surya selalu ya untuk lindungi kulit dari sinar matahari

    BalasHapus
  5. Wah komplit nih pembahasannya. Harusnya wajib nih perawatan rutin, tapi aku masih dipeluk erat sama si malas. Hadeh, kalo ngantuk ya tidur. Paling cuci muka, sikat gigi. Ya jadinya wajah kusam.

    BalasHapus
  6. Saya blm pernah pakai krim mata. Kl soal skincare, saya biasanya pakai yg udah terkenal gitu, kl nama produknya masih baru kadang agak ragu pakainya

    BalasHapus
  7. Memang kalau pakai skincare itu cocok cocokkan ya sista... aku tipe org yg ga mau gonta ganti, agak trauma juga pas remaja wajah jerawatan banget. Trims artikelnya mencerahkan wawasanku banget sista

    BalasHapus
  8. Dari semua skincare routine di atas, yang masih aku skip cuma krim mata kak. Padahal sebenarnya udah butuh sih. Cuma belum ketemu sama merk yang bagus testimoni nya. Dari beberapa temen yang pake masih rada "biasa" aja testimoni nya. Bahkan cenderung bilang gak menampakkan perbedaan

    BalasHapus
  9. Saya nyesel banget waktu masih muda jarang pakai sunblock, akibatnya muncul flek hitam dan itu mengganggu banget karena kelihatannya kotor. Beberapa teman disini malah mikirnya itu kotor padahal flek. Duh malu banget.

    Sekarang ya sebisa mungkin merawat yang ada aja.

    BalasHapus
  10. Thank you sista, wah membaca artikel sista ini banyak banget pengetahuan baruku tentang skincare nih... Noted serum nggak boleh dicampur dengan pelembab ya

    BalasHapus