Manfaat segelas air hangat
 

PetunjukHidup.com- Jika di suruh memilih minum dingin atau panas? Pasti kamu memilih minuman dingin bukan! Apalagi di cuaca super duper panas seperti di Kota Tanjungpinang, tempat Penulis tinggal. Minum segelas air es pasti terasa menyegarkan. Berbeda dengan minum segelas air hangat, bisa makin keringatan ya! Padahal minum air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho. Tidak percaya, ada manfaat segelas air hangat bagi kesehatan! Penasaran?

 

Sebelumnya, Penulis mau tanya dulu deh rutinitas kamu kalau bangun pagi seperti apa? Apakah harus minum segalas teh panas atau kopi panas? Pasti salah satu diantara minuman itu agar semangat untuk menjalankan aktivitas bukan. Nah, mulai hari ini dicoba yuk; Penulis juga sudah mencoba menerapkan bangun tidur minum segelas air hangat, tanpa pakai pewarna apalagi pemanis. Benaran air minum dipanaskan itu lho.

 

Rupanya, minum air hangat secara teratur di pagi hari merupakan cara untuk tetap sehat dengan biaya murah dan mudah.  Nah, sekarang Penulis berikan manfaat minum air panas bagi kesehatan kita.


Air Panas Mampu Membersikan Pencernaan

Memang paling menyenangkan itu minum air dingin, rasanya tubuh dan tenggorokan terasa segar. Meskipun efeknya hanya sesaat saja. Namun, minum air hangat sangat baik bagi tubuh. Sebab, air panas atau hangat ini mampuni membersihkan pencernaan dan membantu membuang racun dalam tubuh.

 

Itulah sebabnya, beberapa teman-teman Advent Penulis selalu menganjurkan Penulis untuk minum segelas air hangat sewaktu mau tidur dan bangun tidur di pagi hari. Hal itu bermanfaat untuk menenangkan saluran pencernaan, dan membuatnya lebih mudah untuk menghilangkan sampah dari hari sebelumnya. Sebab, air panas bisa membantu tubuh memecah dan melarutkan apa pun yang kamu makan yang sulit dicerna oleh tubuh.

 

Meskipun sulit, Penulis sedang mencoba minum segelas air hangat usai makan; dibanding minum air dingin. Ada baiknya minum air hangat, dibanding air dingin. Pasalnya, air es itu mengeraskan minyak dalam makanan dan menyebabkan gangguan pencernaan.  Nah, mau tidak mencoba minum air hangat usai makan. Ops, Penulis kasih tips yang sejak kecil diajarkan dalam buku kesehatan Advent ya; bahwasanya ada baiknya minum air hangat 30 menit sebelum makan dan 30 menit sesudah makan. Jangan makan sambil minum ya. It’s not good for our stomach.

 

Air Hangat Senjata Menurukan Berat Badan

 

Penulis akui, tidak dikarenakan lock down, tetapi sebelum covid-19 ini famous. Penulis sudah memiliki masalah dengan berat badan yang berlebihan. Syukurlah, sudah sedikit menurun dibandingkan sebelumnya bisa mencapai 61 kilogram. So scary!! Apakah kamu juga memiliki persoalan dengan timbangan? Eh, berat badan! Soalnya, timbangannya nggak ada masalahnya, tetapi tubuh kita ya hihihi.  

Nah, seperti di bahasa di poin pertama minum air hangat di pagi hari sangat bagus untuk mengeluarkan racun dari tubuh; termasuk bagi kamu yang sedang diet. Pasalnya, salah satu manfaat mengkonsumsi air hangat bisa membantu mengeluarkan kotoran pada tubuh. 

 

Hal itu dikarenakan air panas bisa meningkatkan suhu tubuh, yang akan meningkatkan metabolisme, dan memungkinkan tubuh kamu untuk membakar lebih banyak kalori. Tidak hanya itu saja, air hangat bisa membantu usus dengan membersihkan semua kotoran dan membuat perut kamu merasa lebih nyaman.

 

Air Hangat Memberikan Ketenangan Pada Perut yang Bermasalah

Terkadang perut Penulis terasa mual, sakit, sebah dan bahkan nyeri. Bagaimana dengan kamu? Apakah pernah mengalami keram perut? Rasa yang tiba-tiba menggelitik dan menyakitkan pada perut itu bisa membuat kalian mulai panik dan stres. Nah, coba minum air hangat terlebih dahulu.

 

Air hangat ini memiliki khasiat yang bisa menenangkan sistem saraf pusar kita lho. Sehingga tubuh kita akan menjadi lebih rileks dan tidak merasakan rasa sakit yang luar biasa tadi. At least, rasa sakit berkurang. Hal ini dialami Mama Penulis yang sering sekali merasa kembung dan sebah perutnya; diolesi minyak panas pun masih tidak nendang. Namun, begitu diberi minum segelas air hangat; Mama Penulis selalu merasa lebih baik. Walau masih ada rasa sakit, tetapi tidak seperti sebelum mengkonsumsi air hangat.

 

Ini baru tiga saja lho yang Penulis bagi dalam artikel manfaat air hangat bagi kesehatan. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat minum air hangat tanpa warna, tanpa rasa di pagi hari yang membuat tubuh akan berterimakasih pada kamu lho. Penulis tahu rasanya susah sekali memulai sesuatu yang baru, apalagi demi KESEHATAN. Minum air hangat tanpa teh favorite or kopi favorite; rasanya it’s impossible. Namun, coba deh terlebih dahulu. Walau di awal rasanya bangun tidur minum air hangat tanpa warna itu aneh. Nggak terbiasa minum air hangat, tetapi ketika merasakan perubahan dalam tubuh. Pasti akan dilakukan terus menerus.

  

Penulis bukan pakar kesehatan, tetapi Penulis mencoba memberikan yang terbaik bagi tubuh Penulis dan menginformasikan kepada kalian. Yuk, coba minum lebih banyak air hangat sepanjang hari, baik sehat maupun sedang sakit. Pasti hal tersebut akan baik bagi kesehatan kamu.

 Salam dan Tetaplah Hidup











Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy