Hati-Hati 7 Hal Ini Bisa Membuat Bahagia


Hati-Hati 7 Hal Ini Bisa Membuat Bahagia




PetunjukHidup.com-Tersenyum lebar, tertawa bahagia dan lepas; sudah berapa lama tidak kalian rasakan hal itu! Benar-benar dirasa bukan dibuat-buat. Sangat mudah tersenyum diantara kesedihan. Terlalu mudah, tertawa tanpa kejadian lucu tetapi kenapa semua terasa hampa.




Penulis tahu hal itu, karena kalian tidak benar-benar merasa bahagia. Jika, kalian ingin merasakan kebahagiaan seperti dulu. Jangan kemana-mana, tetaplah membaca artikel ini sampai tuntas. Pasti kalian bisa menemukan kebahagiaan. Apabila kalian takut untuk menemukan kebahagiaan, jangan dibaca, sebab tujuh hal ini bisa membuat kalian merasa BAHAGIA.

7. Ambil Satu Nafas Panjang
 
Kalian tahu hanya dengan satu tarikan nafas dalam-dalam dapat membuat perasaan galau, marah, kesal, bisa KABUR lho! Sebab, tanpa disadari tarikan nafas yang panjang dan dalam mengaktifkan mode Istirahat. Tarik lagi nafas dan kalian akan merasa lebih tenang dan pastinya bahagia! Nggak percaya? Buktikan saja sendiri, sebab Penulis telah merasakannya.


6. Tersenyumlah

Apakah kalian tahu, banyak orang yang beranggapan kebahagiaan itu datang dari dalam keluar. Bahkan dari pikiran menjadi tingkah laku kalian lho. Tetapi bisa ada benarnya seh! Kebahagiaan itu juga bisa datang dari luar ke dalam atau dari tindakan ke dalam pikiran kalian. Jadi, putuskan saja untuk tersenyum. Sebab, dengan tersenyum  kalian mengaktifkan bahan kimia penginduksi kebahagiaan keluar dan perasaan itu benar-benar nyata.

Ssstss, kalian tahu nggak, sewaktu Penulis kesal! Rasanya sangat sukar sekali untuk tersenyum. Penulis mencoba memaksakan untuk tersenyum. Alhasil, Penulis bisa merasa bahagia kembali, rasa kesal itu lenyap asal nggak dipikirkan kembali ya hahaha.

5. Perhatikan Kesenangan Kecil di dalam hidup dan hargai itu
Terkadang Penulis dan kalian pasti tidak memperhatikan hal yang kecil bukan untuk mendapatkan kebahagiaan. Pernahkah kalian berpikir, ketika keluar jalan mulus tidak ada macet, ketika ingin kopi, sangat mudah tanpa perlu kehabisan gas atau saset kopi. Pekerjaan berjalan lancar, jika kalian mengingat hal itu dan itu akan membuat kalian merasa bahagia. Kebahagiaan dari hal kecil yang kalian hargai itu akan terus meningkatkan mood kebahagiaan kalian.

Penulis teringat  sebuah kisah, ketika Penulis merasa hampa dan putus asa, Penulis mengingat kisah pertualangan Penulis dan Penulis tersenyum dan masih merasakan kebahagiaan tersebut. Makanya, Penulis selalu suka menyimpan kenangan baik dalam memori bukan kenangan jelek. Sebab, itu bisa meningkatkan mood ketika sedang drop.


4. Temukan Makna Positif dalam Peristiwa Negatif
Namanya hidup, pasti tidak semua berjalan dengan mulus bagai jalan tol yang tanpa kendala. Ketika kalian menghadapi persoalan kehidupan, coba ubahlah hal buruk menjadi lebih baik. Jadi, ketika terjadi kemunduran dalam kehidupan, pikirkan itu sebagai tantangan daripada kegagalan. Hal itu tidak perlu memakan waktu lama lho, dan pikiran kalian akan berpkir bagaimana untuk bergerak maju.


Penulis memiliki adik yang memiliki pola pemikiran ini. Bayangkan saja, dia mengikuti lomba dan hasil karnya sangat baik, tetapi yang menjadi pemenang videonya tidak bisa dikatakan hebat alias GARING. Adik Penulis beranggapan tidak ada ruginya, dia masih bisa terus belajar untuk lebih baik lagi. Pemikiran buruk diganti dengan pemikiran negatif. Tanpa harus mengubah mood kebahagiaan. Pasti, Penulis dan kalian juga bisa melakukannya, bukan?


3. Hargai Diri Sendiri

Pernahkah kalian menghargai diri sendiri? Pasti yang menjawab satu dibanding 10. Padahal, memikirkan satu hal hasil pencapaian kalian atau pekerjaan berat yang kalian tangani berlangsung baik dan luar biasa. Tidak ada salahnya hal itu menjadi perhatian kalian untuk menjadi suatu kekuatan untuk terus mengangkat semangat kalian untuk tetap bahagia.

Pasti sebelumnya tidak pernah terpikirkan bukan, bicara dengan teman kerja mengenai pekerjaan yang berat dengan deadline yang ketat menjadi ringan. Berbagi pekerjaan dengan kolega tanpa berdebat, bisa termasuk sebagai "prestasi" dan kalian boleh beranggapan bawasanya kalian telah menghargai diri sendiri dengan bekerja secara bijaksana.


2. Dengarkan Hati Kamu


Taukah kalian mendengarkan perkataan dalam hati juga bisa membuat kita merasa bahagia lho. Kalian tahu, hanya kalian sajalah yang mengetahui apa isi hati kalian. Teman kalian atau keluarga kalian berpikir kalian adalah orang yang hebat dalam melakukan sesuatu yang tidak membuat perasaan kalian hancur. Hal itu bisa saja sangat sulit untuk tetap membuat perasaan bahagia. Namun, kaliana dalah orang yang pintar dan bisa menempatkan tempat semestinya, misalnya masalah pekerjaan tidak kalian bawa sampai ke rumah. Begitu juga sebaliknya, persoalan di rumah tidak kalian bawa ke pekerjaan. Hal itu akan membuat kalian merasa bahagia ketika melakukan pekerjaan. 

1. Menempatkan Label Pada Perasaan Negatif Kalian
 
Sebagai manusia biasa, sah saja meras MARAH, tidak berdaya dan bahkan sedih, gelisah. Hanya saja memberi label pada emosi kalian juga bisa membantu meringankan pederitaan kalian lho. Sebab, memasang label pada perasaan kalian akan mengalihkan aktivitas dari bagian emosional otak kalian ke bagian pemikiran dan hal itu tentu saja membuat kalian lebih sedikit terluka tetapi lebih terkendali.


Sebab, hidup bukanlah negeri dongeng dimana kebahagiaan itu abadi tetapi hal-hal sederhana bisa tetap mempertahankan kalian menjadi tetap berbahagia. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri. Kebahagiaan kalian berada ditangan kalian, jika kalian ingin membuat teman kalian yang sedang bersedih menjadi happy, share this article siapa tahu bisa membuatnya merasa bahagia sebab kebahagiaan itu dibagi bukan disimpan sendiri.




Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra, Betraveler, Jejak Cantikkitabahagia, ngerumpi blog


Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








No comments

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy