Pentingnya Mandi Bagi Kesehatan

PetunjukHidup.com- Penulis mau jujur, entah kenapa setiap akhir pekan (weekend) bawaan-nya malas banget. Padahal segudang rencana sudah dibuat, seperti bangun pagi untuk olahraga. Eh, pada kenyataan bangkong alias bangun kesiangan. Bukannya tubuh tambah segar, tambah lemas IA. Efeknya jadi malas ngapa-ngapain, termasuk MANDI. Apakah teman pernah mengalami hal seperti ini?

 

Tau kah teman, MANDI itu sangat penting. Apalagi mandi di PAGI hari. Sebab, mandi di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi KESEHATAN.  Bisa Penulis katakan, ada dua tipe manusia dalam urusan mandi secara umum yakni tipe si suka mandi di pagi hari, dan tipe kedua yang suka mandi di sore hari. Sebab, “air” langka atau memang kebiasaan seperti itu! Untungnya kita tinggal di Indonesia, sehingga mandi pagi dan malam hari merupakan hal yang biasa ya.

 

Tau kah teman, kalau kita mandi di pagi hari itu berdampak baik bagi kesehatan khususnya dalam meningkatkan sirkulasi darah. Sebab, mandi pagi meningkatkan sirkulasi darah, dimana air yang mengalir menyebabkan darah mengalir ke permukaan kulit.  Sehingga sirkulasi darah yang baik berperan penting dalam kesehatan kita.

 

Apabila sirkulasi darah yang tepat berkontribusi pada transfer nutrisi ke banyak bagian tubuh, maka bisa dipastikan tubuh kita tidak kekurangan sirkulasi yang baik. Sebab, kondisi yang disebabkan oleh bentuk molekul merugikan yang terperangkap. Beberapa dari kondisi tersebut termasuk hipertensi dan varises. Inilah sebabnya mengapa hidroterapi, penggunaan air untuk terapi, adalah alat yang umum digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah.

 

Mengurangi stres

Penulis setuju banget, kenapa kalau banyak pikiran dan mandi dibawah shower atau air yang mengalir dari atas ke kepala hingga kaki bisa terasa menyegarkan tubuh dan pikiran. Salah satu tanda kita mengalami stres yakni ketika teman bangun pagi dan mendapati jantung berdebar kencang dan tidak nyaman. Maka bisa dikatakan teman sedang  stres dan mungkin memikirkan banyak hal yang harus Anda lakukan hari itu. Mandi pagi adalah cara yang bagus untuk meredakan stres ini, terutama mandi air dingin.

 

Sebab dengan mandi di pagi hari bisa memastikan tubuh mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Oksigen yang cukup di otak mengurangi stres. Aromaterapi juga membantu! Bahkan mandi pagi juga bisa meningkatkan kekebalan. So, tidak ada alasan lagi untuk tidak mandi di pagi hari. Sebab, dengan mandi di pagi hari bisa meningkatkan kekebalan dengan merangsang tubuh untuk membuat sel darah putih baru. Sel darah putih membantu kita melawan penyakit. Karena jam biologis kita, ini hanya terjadi secara signifikan selama hujan pagi.

 

Selain itu, mandi di pagi hari juga bisa memberikan kita tenaga. Sehingga kita selalu merasa penuh energi. Sebab, mandi pagi adalah cara yang bagus untuk memberi kira semburan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari teman.

 

Apalagi ya manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mandi di pagi hari? Selain mendapatkan energi yang penuh semangat. Kita juga bisa mendapatkan kesehatan Kulit. Oleh karena itu, Mandi secara umum memiliki efek yang sangat positif pada kesehatan kulit; mandi pagi, bagaimanapun, memberi kira lebih banyak manfaat. SAYA. mandi pancuran memiliki efek yang lebih positif dalam hal menyeimbangkan minyak alami kulit dan menghilangkan jerawat.

 

Bagi teman yang sedang BATUK, jangan ragu untuk meredakan batuk dengan cara mandi pagi. Lga koq bisa, sebab dengan mandi merupakan salah satu cara terbaik untuk meredakan batuk. Saat melawan pilek atau batuk, semua lendir yang terkumpul sepanjang malam saat tidur dapat menyebabkan sakit tenggorokan yang tidak nyaman dan pagi yang sangat tidak menyenangkan. Uap dari pancuran air panas di pagi hari akan mengendurkan dahak dan membuat kita kembali merasa nyaman dalam beberapa menit. Mandi aromaterapi dengan minyak kayu putih, yang ditemukan di Aroma Sense USA, dapat secara dramatis meningkatkan efek ini sekaligus meredakan nyeri otot.

 

Tidak heran memang kalau mandi itu membersihkan tubuhd ari kotaran dan juga membersihkan Racun. Bayangkan saja ketika kita sedang tidur, maka akan banyak racun yang terbuang melalui keringat. Nah, dengan mandi itulah kita membantu membersihkan racun yang keluar dari dalam tubuh kita.  Bahkan dengan mandi di pagi hari juga bisa membuat kita mengatasi masalah rambut dan kulit kepala yang berminyak. Itulah sebabnya, keramas di pagi hari merupakan pilihan bijak untuk mengatasi persoalan malas mandi.

 

Tidak heran memang mandi di pagi maupun malam hari memiliki banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Jadi, masih mau malas mandi, meskipun sudah tahu bawasanya mandi itu sangat penting bagi kesehatan kita. Memang artikel di atas lebih banyak mengulas mengenai salah satu manfaat mandi bagi kesehatan manusia, meskipun mandi di pagi hari. Padahal tidak hanya mandi di pagi hari saja yang penting! Mandi di sore hari juga memberikan dampak yang baik bagi kesehatan!

 

Bagi yang mengalami sakit kepala dan migran tidak ada salahnya untuk mencoba menyegarkan diri dengan MANDI. Bisa jadi, penyebab sakit kepala dan migraine dikarenakan adanya salah pada pembuluh darah yang sempit dan bisa membuat siapa saja merasa sengsara hampir sepanjang hari. Namun, mandi air panas dapat menghentikan rasa sakit karena air mengurangi tekanan yang menyebabkan nyeri.

 

Mandi baik  bagi Kesehatan Jantung. Taukah teman, bawasanya mandi bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan jantung. Hal itu dikarenakan mandi dengan air hangat bisa membuat jantung berdebar lebih cepat. Hal mitu dikarenakan ,andi air hangat meningkatkan sirkulasi darah di semua bagian tubuh dan mengurangi ketebalan darah, serta  membantu pembuluh bekerja lebih baik.

 

Bicara soal manfaat mandi sista Ica juga ada membahas mengenai persoalan pengalaman pribadinya ketika malas mandi lho. Bagi teman yang penasaran bisa langsung kepoin blognya. Dibaca, karena ada banyak sekali artikel menarik yang ada di blog sista Icha. Nggak percaya? Buktikan saja sendiri!

 

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

2 komentar untuk Pentingnya Mandi Bagi Kesehatan

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy

  1. Sama kak ku pun kalau hari minggu bawaannya gegeoleran aja hahaha mungkin karena hari santai ya tapi bener sih mandi tuh harus tetap dilakukan rutin walaupun hari libur

    BalasHapus
  2. Saya penasaran mbak dengan mandi aroma kayu putih itu, kaya gimana sih mbak?
    Saya sendiri juga merasakan kalau sedang mandi itu relaksasi banget.

    BalasHapus