PetunjukHidup.com- Wanita itu senang dipuji! Siapa coba yang tidak senang dipuji, kecantikan itu tidak datang dengan sendirinya. Meskipun terkadang suka sebal, melihat beberapa orang dengan bangga mengatakan mereka tidak pernah melakukan perawatan tetapi tetap cantik dan berseri. Mungkin di usianya, kulitnya masih elastis tetapi siapa tahu dua hingga tiga tahun mendatang. Jujur, untuk perawatan kulit aku menggunakan produk lokal.

 

Perawatan kulit wajah dan tubuh itu penting! Sebab, kecantikan itu tidak instan dan membutuhkan waktu. Tidak harus menggunakan produk skincare yang mahal. Namun, melakukan perawatan secara rutin itu PENTING. Produk lokal untuk kosmetik buatan Indonesia tidak kalah dengan kualitas internasional. Dengan menggunakan produk lokal, berarti secara tidak langsung kita turut memberdayakan agar masyarakat sejahtera.

 

Madu

 

Jujur, meskipun aku belum pernah melihat produksi madu lokal di Indonesia, tetapi sewaktu aku liburan ke Malaysia, tepatnya di pulau terpencil yang bernama Desa Mukut, salah satu warga setempat memelihara lebah kelulut. Sehingga lingkungan tempat tinggalnya asri dengan pelbagai pohon dan juga bunga. Hal itu bertujuan agar lebah kelulut mudah untuk mencari makan.


Bayangkan saja, Indonesia banyak hutan yang masih liar dan pastinya akan ada banyak sarang lebah bukan? Pasti teman pernah membeli madu liar bukan? Rasanya itu pure murni manisnya dan lezat sekali! Madu asli memang baik bagi kesehatan. Kita bisa konsumsi madu untuk kesehatan dan bahkan madu juga bisa untuk merawat kecantikan lho.

 

Lebah juga bisa dipelihara di halaman rumah lho, keren ya! Salah satu kelompok binaan Self Helo Group (SHG) yang khusus bergerak di budidaya lebah madu.  Dimana, mereka membuat inovasi memanfaatkan pekarangan rumah untuk budidaya lebah madu. No worry, lebah yang dipilih pasti lebah unggulan dan pastinya tidak mudah menyerang bahkan menyengat. Sehingga aman berternak madu di halaman rumah.

 


Keren banget ya! Apalagi kita sudah mengetahui manfaat madu bagi kesehatan dan juga kecantikan. Bahkan, kita bisa menggunakan madu secara langsung pada kulit dan aman.

 

Manfaat Madu Bagi Kecantikan

Madu bisa meringankan bekas luka lho. Sebab madu merupakan pelembab alami sekaligus antiseptik alami. Selain membuat kulit lembut serta sehat, madu juga bisa menyamarkan bekas luka.  Nah caranya mudah banget, teman bisa menggunakan satu sendok madu yang dicampur dengan minyak kelapa. Setelah itu, oleskan ke bagian yang terluka, pijat menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar selama semenit. Kemudian letakkan kain yang sudah dibasahi air hangat. Diamkan hingga kain dingin, angkat dan ulangi setiap hari sampai luka mengering.

Apakah kita satu tim yang kesal kalau melihat wajah kita ditumbuhi jerawat yang mengganggu penampilan? Nah, madu ini memiliki kekuatan ajaib anti-inflamasi dan sifat antibakteri yang tidak hanya menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit, tetapi juga membersihkan penyumbatan atau pori-pori yang tersumbat. Caranya oleskan madu pada area yang rawan berjerawat. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Wah, kalau membahas manfaat madu bagi kecantikan, bisa penuh ini halaman.

 

Virgin Oil Coconut (VOC) atau Minyak Kelapa Sawit

Setahun yang lalu, sebelum covid-19 menyerang dunia dan juga Indonesia. Sewaktu liburan, tanpa sengaja aku melihat salah satu shop yang ada di mall Bali yang berisi produk lokal yang ramah lingkungan mulai dari sabun mandi, shampoo dan juga VCO (Virgin Coconut Oil). Yup, bahan dasar pembuatan VCO bisa dipastikan adalah kelapa sawit. Sebagian besar produk kecantikan di dunia menggunakan kelapa sawit sebagai bahan dasar atau campuran untuk produk kosmetik.

 

Meskipun lahan kelapa sawit ini masih pro dan kontra, asalkan jumlah lahan kelapa sawit di Indonesia tidak bertambah dan tetap dilestarikan sebagaimana mestinya. Plus juga mengikuti kaidah aturan yang sudah diterapkan pemerintah terhadap lahan untuk kelapa sawit. It’s ok. Bagaimana pun juga, kita memang membutuhkan kelapa sawit untuk memasak maupun untuk produk kecantikan.

 

Tidak heran memang komoditas lokal Indonesia itu selalu menarik perhatian dunia, bagaimana tidak Indonesia termasuk urutan terbesar untuk kelapa sawit, madu dan bahkan kopi. Duh, beragam jenis kopi Indonesia yang bahkan terkenal di dunia, seperti kopi luwak. Tidak bisa dipungkiri lagi bukan? Selama mereka tetap menjaga kelestarian lingkungan kenapa tidak!

 

Oh ia, teman pasti sudah tahu kan manfaat VCO bagi kecantikan? Biasanya minyak VCO ini bisa mnegatasi persoalan wajah berjerawat dan juga persoalan wajah kering sehingga membantu meningkatkan elastisitas kulit. Sebab kandungan dari VCO ini mengandung asam laurat yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen. Dimana kolagen ini membantu untuk mengencangkan kulit.

 

Secara jujur sih, aku menggunakan VCO untuk merawat kulit aku. Biasanya kalau cuaca panas, begini aku memiliki masalah kulit jadi kering! Nah, biasanya minyak VCO ini aku masukan ke dalam wadah dan berikan body lotion serta minyak esensial oil seperti lavender. Sehingga wangi dan membantu mengatasi persoalan kulit aku yang kering.

 

Sedangkan kopi, jujur aku suka minum kopi tetapi tidak maniak yang mengharuskan minum kopi setiap hari. Nah, biasanya aku membeli biji kopi atau bubuk kopi untuk dijadikan masker wajah. Menggunakan masker wajah dari kopi ini membantu banget untuk melakukan perawatan wajah. Apalagi kopi tidak memiliki bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Kalau menurut teman bagaimana? 


Bagaimanakah upaya teman dalam melestarikan alam? Dengan mencintai produk Indonesia maka secara tidak langsung, kita turut membantu perekonomian para petani dan perternak. Dimana, mereka berusaha tetap menjaga kelestarian lingkungan. Sehingga tidak ada salahnya, kita mencintai produk lokal, produk Indonesia yang tidak kalah baiknya.


Bayangkan saja, jika alam di Indonesia tidak dijaga kelestariannya maka bagaimana nasib kita untuk berlangsung hidup. Jaga kelestarian dan menggunakan produk lokal yang memiliki komoditas lokal, hal itu membantu menyesejahterakan rakyat dengan baik. 



Ref

https://kelingkumanggroup.co.id/news/keling-kumang-dampingi-petani-lebah-madu

 

 

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Silakan pilih sistem komentar anda

8 komentar untuk Cantik dengan Komoditas Lokal untuk Kecantikan

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy

  1. Setuju, cantik juga harus bisa menjaga lingkungan hidup kita ya

    BalasHapus
  2. Samaa sista aku juga senang bnayk komoditas lokal yang mulai digunakan untuk produk skincare dan bangga donk pastinya kita untuk menggunaknnya karena khasiatnya juga oke kok

    BalasHapus
  3. Madu juga penolong banget terutama saat kulit wajah kering kerontang. Karena bisa ngelembapin secara alami dan terasa enak di kulit

    BalasHapus
  4. Kak thanks so much ... Artikel yang super duper lengkap nih bicara kecantikan yang dari Alam gini memang yang terbaik ya.
    .
    Aku termasuk yang suka madu liar Dan vco kak.. next mau Cobain tipsnya ah

    BalasHapus
  5. Kalau kopi aku juga suka buat masker sista. Kalua minum aku berani cuma berani dikit aja. Sukanya nyium aroma kopi aja, kadang aku jadiin pewangi ruangan. Benar, kita harus mencintai dan menjaga produk lokal. Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaganya.

    BalasHapus
  6. Untuk pemakaian VCO, saya belum pernah ke kulit tapi pernah ke rambut. Rambut memang menjadi shiny dan lembut. Sementara untuk madu, selain dikonsumsi juga kadang sebagai masker atau dicampur dengan krim Nivea biru kecil itu. Bagus loh untuk melembabkan kulit wajah.

    BalasHapus
  7. Ternyata VCO dan madu manfaatnya banyak juga untuk kecantikan. Dari bahan alam bisa merawat tubuh. Murah dan lebih aman pastinya ya. Nice info nih Kak. Jadi pengen totol-totol jerawat sama si madu.

    BalasHapus
  8. Madu memang banyak manfaatnya dan baik untuk kecantikan ya. Cantik itu bukan beli produk luar ya tapi dari negeri sendiri Indonesia.

    BalasHapus