Kelenjar Getah Bening yang Perlu Diketahui

Petunjukhidup.com- Apa itu kelenjar getah bening?  Pasti ada beberapa teman yang tidak memahami apa itu kelenjar getah bening! Nah, Penulis kasih tau ya, kelenjar gentah bening bagian dari sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus, atau lainnya. Mari mengetahui mengenai kelenjar getah bening yang perlu diketahui lebih dalam lagi!

 

Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Kelenjar Getah Bening

Teman apabila teman merasakan ada benjolan di dalam tubuh, jangan kuatir tetapi segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter lebih lanjut. Jenis penyakit kelenjar getah bening beragam dan bahkan penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti dikarenakan infeksi dan lain sebagainya. Nah, yuk teman pelajari dulu penyebab kelenjar getah bening.

 

Tahukah teman, bawasanya sebuah jaringan dan berbentuk oval yang terjadi di dalam tubuh dan memiliki fungsi sebagai penghasil dan penyaring cairan getah bening atau limfosit disebut getah bening. Nah, getah bening ini berfungsi mengeluarkan sel-sel mati dan memiliki peranan penting sebagai alat pertahanan terhadap infeksi. Meskipun getah bening merupakan bagian dari system imun di dalam tubuh yang lokasinya itu berada pada bagian bawah rahang, ketiak maupun pangkal paha. Ia juga berfungsi mempertahankan tubuh dari bakteri, infeksi dan virus yang menyerang dalam tubuh.

 Kelenjar Getah Bening yang Perlu Diketahui

Lain cerita, apabila getah bening mengalami pembesaran maupun pembengkakan yang membuat kondisi kesehatan menurun dan berisiko memunculkan penyakit. Nah, infeksi bakteri ini lah yang merupakan penyebab pembengkakan kelenjar bening. Infekasi apa saja itu yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening? Meskipun infeksi yang di derita ringan seperti seseorang terkena demam kelenjar, pilek, infeksi tenggorokan, maupun radang amandel, dan bahkan infeksi gigi, infeksi telinga, dan infeksi kulit. Hal tersebut bisa menyebabkan pembengkakan pada getah bening.

 

Sebenarnya teman sudah bisa mengetahui gejala kelenjar getah bening sebab gejalanya sangat umum yakni terjadinya pembengkakan pada area kelenjar getah bening, berat badan menurun, demam, kelelahan, berkeringat di malam hari, dan gatal di sebagian atau sekujur tubuh. Namun untuk gejala kelenjar getah bening yang sudah termasuk golongan kanker hal itu bisa terlihat pada bagian daerah kelenjar getah bening mengalami pembengkakan pada bagian leher, ketiak, atau selangkangan. Meskipun begitu, pembengkakan atau benjolan akibat gejala kanker getah bening dapat dikenali dengan cara menekan benjolan. Jika tidak terasa sakit dan lebih dari satu, kemungkinan itu merupakan gejala kanker getah bening.

 

Ciri-ciri lain untuk mengetahui kanker getah bening yakni GATAL yang menyerang tangan, kaki, maupun sekujur tubuh. Nah, biasanya rasa gatal ini akan terasa ketika kondisi cuaca panas atau ketika malam menjelang tidur. Hal itu dikarenakan rasa gatal yang disebabkan oleh sitokin. Zat kimia yang dapat mengganggu saraf di kulit. Selain itu, apabila teman mengalami keringat pada malam hari, walaupun udara dingin dan bahkan kamar menggunakan AC. Hal itu dikarenakan metabolisme sel yang terganggu. Teman juga bisa merasakan keringat dingin yang disertai meriang dari malam hingga dini hari.

 

Apabila kelenjar getah bening sudah termasuk dalam golongan kanker, hal itu dikarenakan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening, yakni limfoma (kanker kelenjar getah bening primer), leukemia, melanoma, dan kanker kerongkongan. Tentunya, cara mengobatinya berbeda untuk setiap bagian, namun biasanya penderita akan diambil sample kelenjar getah beningnya terlebih dahulu untuk tim medis bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengobatinya.

 

Mencegah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Tentu Penulis mengetahui dengan pasti, bawasanya teman tidak ingin mengalami derita penyakit kelenjar getah bening yang parah. Namun, apabila teman mengalami infeksi ringan pada bagian kelenjar getah bening, nggak usah panic apalagi parno, sebab teman bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi pembengkakan yang para pada bagian kelenjar getah bening. Cara melakukan pencegahan pembengkakan pada kelenjar getah bening pastinya dengan mengkonsumsi makanan berserat dan disertai dengan meminum air putih  yang cukup, dan hindari makanan dengan bahan pengawet. Selain itu, teman juga harus menghindari penggunaan obat-obatan yang mengandung steroid dan jauhi rokok. Tidak hanya itu aja, teman juga butuh untuk mengkonsumsi lebih banyak vitamin untuk mengembalikan kekebalan tubuh.

Sejujurnya, ada banyak sekali penyebab dan juga perbedaan penyakit kelenjar getah bening. Namun, teman tidak perlu takut dan kwatir yang berlebihan. Sebab, segala gaya hidup kita menentukan seberapa sehat kita. So, istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat dan berolahraga, serta minum air tanpa rasa dan warna untuk hidup lebih baik.

 

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy