Mengenal Kanker Payudara

Petunjukhidup.com- Sebagai seorang wanita, Penulis selalu merasa takut apabila terkena penyakit yang menggerikan dan hanya yang dialami oleh wanita saja. Pernah tidak teman memikirkan, penyakit apa saja yang hanya diderita oleh kaum perempuan? Yups, ada beberapa yakni miom, kista dan juga kanker payudara. Ini beberapa penyakit yang hanya wanita saja yang merasakan, meskipun ada banyak juga penyakit lainnya. Nah, kali ini Penulis ingin membahas mengenai kanker payudara dan sebagai seorang wanita, kita wajib mengenal kanker payudara.

 

Mengenal Kanker Payudara

Taukah teman kalau kanker payudara ini menyerang secara perlahan, seperti seekor singa yang bisa mengendap-endap untuk menerkam masangnya. Begitu juga dengan kanker payudara ini. Seorang wanita ataupun perempuan bisa menderita kanker payudara, meskipun tanpa ada tanda-tanda nyeri. Sehingga tidak heran, apabila penyakit satu ini merupakan penyakit berbahaya selain kanker serviks. Oleh sebab itu, Penulis ingin membahas mengenai bagaimana kita mengenal kanker payudara.

 

Biasanya, kanker payudara diawali dengan adanya benjolan di payudara. Meskipun tidak semua wanita yang terjangkit kanker payudara mendapatkan benjolan. Bahkan, ada juga wanita tidak merasakan nyeri pada bagian payudara dan tau-taunya sudah stadium satu atau dua. Duh, serem ya! Teman, khususnya kaum wanita harus memperhatikan jika terdapat benjolan dan diikuti dengan keluarnya cairan dari putting susu maupun ada kelenjar di ketiak; bisa dikatakan terkena panyakit kanker payudara ganas.

 

Beneran, Penulis saja selalu merasa merinding jika membayangkan mengenai kanker payudara atau penyakit serem lainnya. Terkadang tidak sanggup untuk membaca, apalagi menuliskannya. Namun, jujur seorang wanita harus mengetahui ciri-ciri kanker payudara agar bisa ditangani secara serius dan bisa segera diatasi.

 

Tentunya, selain benjolan biasanya tanda-tanda awal terkena kanker payudara adalah terjadinya perubahan tekstur kulit di sekitar payudara. Hal ini merupakan salah satu tanda, bawasanya teman terkena penyakit kanker payudara. Hal itu bisa disebabkan peradangan pada sel-sel kulit payudara. Nah tanda perubahan bisa terlihat pada kulit payudara terlihat bersisikk atau sangat kering di sekitar putting dan areola, kulit di bagian payudara menebal, bahkan penderita juga mengalami gatal. Namun, perlu diingat bawasanya perubahan tekstur kulit payudara tersebut juga tidak semuanya termasuk gejala awal kanker payudara. Sebab, perubahan tekstur pada kulit payudara bisa dikarenakan eksim dan juga dermatitis. So, no worry ya teman. Nah, biasanya Penulis menjelang datang bulan, suka tuh terasa gatal pada bagian payudara. Biar mengurangi rasa gatal, biasanya Penulis menggunakan gel lidah buaya untuk mengurangi rasa gatal tersebut, mungkin teman juga bisa mengikuti hal ini.

 

Tanda yang lebih ekstrim yakni keluar cairan dari putting. So, remember apabila keluar cairan dari puting padahal tidak menyusui. Hal ini bisa menjadi suatu tanda knaker payudara tahap awal. Ingat ya, cairan yang keluar bisa encer maupun kental. Bentuk cairannya bisa berwarna bening, keruh putih dan mirip susu, bakan bisa berwarna kuning, hijau maupun kemerahan.  Meskipun, tidak semua tanda gejala diatas itu tidak termasuk gejala kanker payudara ya. Jika mengalami tanda tersebut bisa dikarenakan payudara sedang mengalami infeksi, bahkan bisa disebabkan efek samping pil KB atau obat tertentu sampai pada penyakit tiroid.

 

Nah, salah satu tanda lainnya adalah kulit payudara kemerahan atau memar. Sebab, kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada kulit sekitar payudara. Gejala awal kanker payudara ini bisa membuat kulit sekitar payudara berubah warna menjadi merah, ungu mirip memar, atau kebiruan. Apabila teman melihat perubahan warna pada payudara, ada baiknya segera melakukan konsultasi ke dokter.

 

Sebab, kita tidak pernah tahu gejala kanker payudara secara pasti dan akurat. Namun, sebagai wanita kita harus beware dan aware terhadap setiap gejala yang dialami oleh perempuan, khususnya di seputar payudara. Penasaran, apa saja sih yang membuat wanita terkena kanker payudara?

 

Honestly, Penulis memiliki seorang tante yang terkena kanker payudara dan ironis banget; karena takut di operasi. Dia mengkonsumsi sesuatu yang berakibat hilangnya kanker payudaranya tersebut. Nah, penasaran ceritanya seperti apa? Tunggu di postingan berikutnya ya.

 

Salam dan Tetaplah Hidup











Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy