Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Petunjukhidup.com- Penulis yakin sampai detik ini, tidak ada orang yang tidak mengenal teh hijau. Sebab, sebagian menyakini bawasanya teh hijau manjur untuk diet. Bahkan, Penulis pernah membeli teh hijau untuk diet. Padahal ada banyak sekali manfaat teh hijau bagi kesehatan. Penasaran? Nah, Penulis akan membahas manfaat teh hijau kali ini.

 

Secangkir teh hijau dengan aromanya khas pasti membuat perasaan jadi lebih relax. Bahkan, menyantap makanan dengan menyajikan minuman teh hijau pun akan terasa nikmat.  Sebab, teh hijau benar-benar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, apa saja sih manfaat mengkonsumsi teh hijau ini?

 

Teh hijau penuh dengan antioksidan

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang mengurangi peradangan dalam tubuh; dimana ini merupakan pemicu penuaan dini. Antioksidan dalam teh hijau ini juga secara proaktif melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit kronis, menjadikannya makanan super yang menawarkan berbagai perlindungan kesehatan.

 

Teh hijau mendukung kesehatan otak

Teh hijau dikenal bisa menimbulkan ketenangan ketika tubuh terasa resah. Selain menyediakan kafein, teh hijau juga mengandung asam amino yang disebut L-theanine, yang menghasilkan efek menenangkan. Kombinasi kafein dan L-theanine juga telah terbukti mengoptimalkan fungsi otak untuk meningkatkan memori kerja, kinerja kognitif, dan meningkatkan suasana hati. Kemampuan teh hijau untuk melawan stres oksidatif juga menjadikannya pelindung yang manjur terhadap penyakit neurodegeneratif, termasuk Alzheimer dan Parkinson.

 

Terus terang saja, jika Penulis merasa resah dan gelisah, menikmati secangkir teh hijau benar-benar bisa menenangkan diri. Bahkan, teh hijau pun bisa dikonsumsi tanpa gula. Kalau pun pakai gula, Penulis selalu menggunakan gula khusus untuk diet gitu.

 

Teh hijau dapat Menurunkan berat badan

Berdasarkan penelitian teh hijau telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan merangsang pembakaran lemak. Hal ini terkait dengan menahan nafsu makan dan mencegah penambahan lemak dengan menghambat proses yang dikenal sebagai angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru) yang bergantung pada pertumbuhan jaringan lemak.

 

Teh hijau melindungi dari kanker

Teh hijau menangkis kanker dengan beberapa cara utama. Tanaman melindungi dari kerusakan yang dapat memicu pertumbuhan sel yang tidak terkendali, yang dapat menyebabkan mutasi kanker. Efek anti-angiogenesis yang membantu mencegah penumpukan lemak juga berfungsi untuk memblokir penyebaran kanker.

 

Terus, apakah the hijau juga memiliki manfaat dalam hal kecantikan? Jawabannya adalah YES, tentu saja. Manfaat teh hijau bagi kulit kita.

 

Teh Hijau Bisa Membantu Memerangi Jerawat

Teh hijau diketahui memiliki senyawa polifenol EGCG (epigallocatechin-3-gallate), yang bersifat anti-oksidan dan anti-inflamasi. Ini dapat membantu mencegah jerawat dan infeksi kulit lainnya. Sehingga bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat yang membandel.

 

Teh Hijau Bisa Membantu Mengontrol Kulit Berminyak

EGCG yang ada dalam teh hijau dikenal bersifat anti-androgenik. Ini secara efektif berarti mengatur produksi androgen dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat mengurangi produksi minyak atau sebum pada kulit. Sehingga yang memiliki kulit berminyak dengan menggunakan produk atau meminum teh hijau bisa dibantu dalam mengontrol minyak pada kulit.

 

Teh Hijau Dapat Memperlambat Penuaan Kulit

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa aplikasi topikal ekstrak teh hijau bersama dengan konsumsi teh dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Oleh sebab itu, teh hijau dapat memperlambat penuaan kulit. Teh hijau juga dikenal memiliki efek pelembab pada kulit dan juga dapat membalikkan kerusakan akibat sinar matahari pada kulit.

 

Ini merupakan beberapa manfaat teh hijau bagi kulit. Namun, Penulis yakin ada banyak sekali manfaat teh hijau yang bisa dirasakan bagi kita yang mengkonsumsi teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan. Asalkan, mengkonsumsi teh hijau tidak berlebihan dan sesuai dengan takaran yang benar.

 

 

Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra.com | Jejakcantik.com | kitabahagia.com 
 Chitchat.my.id | Asiabutterflytraveler.com




Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy