Nikmatnya Aneka Kuliner Bintan Part 1






Petunjukhidup.com-Penulis selalu bingung kalau teman pada nanya, kalau jalan-jalan ke Pulau Bintan enaknya makan apa ya? Jujur, Penulis jarang keluar dan lebih suka makan di rumah. Namun, bukan berarti Penulis tidak suka makan di luar. Ada beberapa makanan yang Penulis suka nikmati ketika pergi keluar. Melihat banyaknya pertumbuhan kuliner di Pulau Bintan, khususnya kota Tanjungpinang membuat Penulis mencoba beberapa tempat makanan baru. Bahkan, hunting makanan enak ketika beberapa teman dari Singapura maupun Malaysia meminta tempat rekomendasi makanan yang ada di Pulau Bintan.


Terus terang, berat badan Penulis jadi naik berkali-kali lipat ketika hunting kuliner di Pulau Bintan. Hasilnya, Penulis menemukan beberapa tempat makanan yang patut dipertimbangkan, ketika liburan di Kota Tanjungpinang di Pulau Bintan. Semuanya berkat teman Penulis yang demen makan dan akhirnya penulis bisa memberikan rekomendasi beberapa makanan yang ada di Pulau Bintan. Terlalu banyak, tetapi ketika harus memilih maka jangan lupa makanan khas Melayu maupun makanan khas yang ada di Pulau Bintan yang terkenal dengan kelezatan seafood yang membuat teman bakalan menikmati sensasi seafood yang ada di Pulau Bintan.

 10 Kuliner Pulau Bintan yang Tak Ada Habisnya


10. Mie Tarempa

Dari namanya sudah bisa dipastikan ini mie bukan asli milik Pulau Bintan, karena Tarempa adalah nama saah satu pulau di Kepulauan Riau! Namun, mie ini sepertinya menjadi bagian kuliner yang wajib disantap ketika liburan ke Pulau Bintan. Mie yang berwarna kuning dengan bentuknya pipih tetapi tidak terlalu lebar ini dibuat dari tepung dan telur.

Pilihan mie tarempa ada tiga yakni mie tarempa basah, lembab dan kering yang mana perpaduan mie tarempa ini terdiri dari kan, telur dan toge. Aku lebih suka mie tarempa lembab, karena masih berasa bumbu-bumbunya. Jangan lupa, dimakan dengan irisan cabe yang sudah ada di meja. Enak sekali. Nyambi menunggu siap masak mie tarempa, tidak ada salahnya mencoba makan luti gendang. Luti gendang ini memiliki tekstur luar yang renyang tetapi lembut didalam dengan isian abon ikan yang lezat.

Penasaran ingin mencoba sensasi makan mie tarempa ini? Datang saja langsung ke Jl. D.I panjaitan KM 7, Melayu Kota Piring, Tanjungpinang Timur, Melayu Kota Piring, Tanjungpinang Tim., Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29123

9. Mie Lendir

Masih bernuansa mie yang wajib dicoba ketika ingin menikmati wisata kuliner di Pulau Bintan. Kali ini adalah mie lendir. Awalnya aku juga bingung dengan namanya kenapa diberi nama mie lendir. Rupanya kuah kacangnya seperti lendir tetapi rasanya sangat enak. Aku suka banget kalau habis olahraga pagi di tepi laut, pulangnya tidak pernah lupa untuk menikmati mie lendir yang ada di Jalan Lorong Bintan, soalnya mie lendir disana sudah lama berdiri dan terkenal dikalangan masyarakat kota Tanjungpinang.

Dari awal rasa penasaran jadi seakan wajib makan mie lendir disana usai olahraga santai di tepi laut. Aku juga pernah mengajak teman dari Spanyol mencoba mie lendir di Jalan Bintan ini, dia sangat menyukai mie lendir dengan kuah kacang ini. Penasaran seperti apa mienya? Mie lendiri ini sebenarnya mie kuning yang direbus bersama toge dan dimakan bersama sebutir telur rebus yang dibelah dua atau diiris kecil-kecil; tergantung dari pemilik kedai dalam penyajiannya. Setelah matang maka mie akan disiram dengan kuah kacang yang kental.  Infonya, kekentalan kuah kacang mie lendir ini terdiri dari kacang tanah dan ubi jalar.  Pasti, nikmat banget dimakan panas-panas. Makanya, cepat dong merasakan sensasi mie lendir yang kuahnya beneran telihat seperti lendir tetapi enak banget.

Nah, catat alamatnya jika ingin mencoba mie lendir ini ketika liburan di Pulau Bintan, kota Tanjungpinang dan rasakan sensasi perbedaan rasa mie lendir satu ini. Kamu bisa mendapatkan mie lendir ini di Kedai Aneka Ria, Jalan Bintan No 13 Tanjungpinang.

8. Nasi Goreng Story Cafe

Nasi goreng itu makanan sejuta kalangan, semua tergantung dari lokasi tempat dimana kita mau makan. Berbagai kreasi untuk nasi goreng  pasti membuat penyantap merasa senang dan bahagia ketika menyantapnya. Apalagi neh, nasi goreng termasuk makanan favorite di CNN berdasarkan survey. Jelas dong, aku aja suka makan nasi goreng! Apalagi jika nasi gorengnya ini dimasak dengan cita rasa yang enak dan pedas. Ditambah telur mata sapi, daging ayam atau sate. Wah, nikmat banget disantap.

Konsep cita rasa dan perpaduan peletakan makanan membuat nasi goreng di story café ini patut untuk dicoba. Rasa daging sate ayamnya juga berasa enak ditambah hiasan sosis. Enak banget! Pengen ikut mencoba kuliner yang terkenal sebagai makanan favorite di CNN ini, langsung aja yuk coba di Story Café yang ada di Jl Raya Tanjung Uban KM 11. Apalagi konsep café ini sangat instagramer banget dan berada di atas atap ruko dengan hiasan lampu. Pastinya terasa romantis banget.

7. Vegetarian di Bumi Maitri

Ingin menikmati seafood atau daging tetapi alergi. Waduh, susah banget dong ya! Sama seperti aku yang tidak bisa makan-makanan lain kecuali ayam dan ikan. Padahal Tanjungpinang itu terkenal dengan aneka seafood yang menggoda selera. Dari pada patah hati karena kagak bisa menikmati makan udang yang lezat itu, tidak ada salahnya mencoba makan di Bumi Maitri. Semua menu disini mulai dari daging hingga udang terbuat dari tepung. Namun rasanya benar-benar lezat banget! Dijamin deh pasti nagih kalau mencoba menu vegetarian yang ada disini. Penasaran mau coba, menu vegetarian yang dibentuk aneka rupa dan dengan cita rasa seperti beneran makan daging rendang atau udang? Datang saja ke Bumi Maitri di Jalan Sukaberenang, Tanjungpinang tapi jangan ngambek ya kalau berat badan bertambah.

6. Lontong Sayur dan Prata

Aku baru tahu kalau ada lontong sayur dan Prata daging yang enak, karena seorang teman pagi-pagi ngajak jalan-jalan ke Berakit. Sebelum kesana, dia ngajak sarapan dulu di RM Papa Daan. Disana ada beberapa menu tetapi teman aku bilang yang rekomended untuk dicoba adalah lontong sayur dan prata isi daging.  Jelas dong, lontong sayur yang disajikan di RM Papa Daan yang berada di Jl. D.I. Panjaitan KM. IX Bintan Centre, Air Raja, Tanjungpinang Tim, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29125 ini sangat banyak sekali porsinya bagi aku dan rasanya gurih banget santannya.

Sedangkan prata yang berisi daging dan kuah daging ini jelas ketebalannya sangat menggoda. Untuk rasanya sudah bisa dipastikan bakalan membuat kamu tidak ingin berhenti mencelupkan roti prata pada kuah kari daging, sarden atau kosongan sesuai dengan selera yang kita inginkan tentunya.

Tunggu kelanjutannya minggu depan ya, ada banyak sekali kuliner yang bisa dicoba di Kepulauan Riau. Hidup memang untuk dinikmati termasuk mencoba berbagai kuliner yang bisa menggoyang lidah.


Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra, Betraveler, Jejak Cantikkitabahagia, ngerumpi blog


Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








No comments

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy