Sawit Hebat, Indonesia Kuat dalam Win-Win Solution



PetunjukHidup.com- Indonesia aku kaya, Indonesia aku subur. Beberapa tahun lalu, ketika aku pulang ke kampung halaman Papa. Sudah banyak berubah, sudah ada perkebunan kelapa sawit.Tidak heran, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar. Kelapa sawit merupakan tanaman yang menghasilkan. Sehingga tidak heran, Indonesia memiliki banyak sekali perkebunan kelapa sawit; khususnya di daerah Sumatra, Jawa, Kalimantan dan sebagian Sulawesi. Nah, kampung Papa aku itu berada di Sumatra Utara.
sumber cnn Indonesia

Beberapa warga di sana memilih membuat perkebunan kelapa sawit. Hal itu dikarenakan kelapa sawit memiliki peranan penting bagi kehidupan kita. Bahkan, bagi pemilik perkebunan kelapa sawit sendiri, mereka bisa membuka tenaga kerja untuk memanen hasil perkebunan mereka.

Sejujurnya, aku pikir kelapa sawit hanya digunakan untuk minyak goreng saja. Rupanya, aku salah! SALAH BESAR. Kelapa sawit memiliki banyak kegunaan, termasuk sebagai campuran bahan bakar, cat, hingga pelumas. Tidak hanya itu saja, kosmetik juga membutuhkan kelapa sawit.


Aku juga baru tahu kalau kandungan kelapa sawit itu terdiri dari Vitamin E, lemak jenuh asam laurat (0.1%), asam miristat (1%), asam stearat (5%), dan asam palmitat (44%). Minyak sawit juga memiliki lemak tak jenuh dalam bentuk asam oleat (39%), asam linoleat (10%), dan asam alfa linoleat (0.3%). Semua pasti tahu, semua minyak nabati tidak mengandung kolestrol. Walaupun lemak jenuh menyebabkan peningkatan kolesterol.  Tidak hanya itu saja, minyak sawit juga GMO free, karena tidak ada kelapa sawit termodifikasi genetik (GMO) yang dibudidayakan untuk menghasilkan minyak sawit. (Based on Wikipedia)

Tidak heran memang, apabila buah kelapa sawit menjadi primadona. Sebab, buah kelapa sawit bisa digunakan sebagai campuran bahan bakar biodiesel. Tahu dong, diesel juga sering digunakan untuk pembangkit listrik. Nah, bahan bakar utama dari diesel diperoleh dengan menggunakan campuran dari minyak kelapa sawit, yang dinilai ramah lingkungan, dibandingkan bahan bakar diesel biasa.

Pernah tidak berpikir, kenapa ya suara mesin motor atau mobil bisa halus dan lembut seperti itu? Dari manakah bahan dasar pelumas mesin kendaraan ini? Rupanya, minyak kelapa sawit  ini bisa dimanfaatkan sebagai pelumas. Dimana pelumas ini digunakan untuk melumasi bagian luar dari mesin maupun perangkat lain.

Kosmetik juga butuh KELAPA SAWIT. Apakah kamu tahu, kulit lembut kamu itu dan lotion yang kamu gunakan sehari-hari juga menggunakan kelapa sawit lho sebagai bahan baku utamanya. Yang menurut ahli kecantikan, bahan baku minyak kelapa sawit ini dicampur dengan berbagai macam bahan berupa serum dan juga vitamin-vitamin yang baik untuk kesehatan kulit kita. Jadi, kulit lembut, wajah kinclong rupanya semua menggunakan bahan baku kelapa sawit. Termasuk, pasta gigi yang kita gunakan. Detergen mencuci piring, baju dan bahkan sabun mandi juga lho membutuhkan minyak kelapa sawit; termasuk makanan favorit aku seperti coklat dan kue.



 Luar biasa sekali ya kegunaan buah kelapa sawit yang diolah menjadi minyak kelapa sawit. Dimana semuanya itu merupakan bahan baku untuk kosmetik, bahan bakar dan pasti masih banyak yang membutuhkan kelapa sawit. Maklum, aku adalah orang awam yang tidak mengetahui kegunaan kelapa sawit lebih banyak lagi. Tidak heran, perkebunan kelapa sawit sangat menggiurkan bagi sejumlah orang.



Jadi, Sawit Kuat, Indonesia Hebat. Sebab, Indonesia termasuk salah satu Negara penghasil sawit yang berlimpah. Walaupun sempat terjadi isu mengenai pembakaran hutan untuk ditanami pohon sawit. Bahkan, Negara Europe tidak lagi mau menggunakan kelapa sawit hasil perkebunan Indonesia. No worry, masih banyak Negara lain membutuhkan kelapa sawit untuk bahan dasar kosmetik, makanan dan lain sebagainya.

Bahkan, limbah kelapa sawit pun yang sudah diolah menjadi MINYAK KELAPA SAWIT. Bisa digunakan untuk makanan ternak dan pupuk kompos, karena mengandung unsur-unsur hara. Pemerintah tinggal membatasi perkebunan kelapa sawit agar tidak semua area dijadikan perkebunan. Menghukum oknum, bukan perkebunannya. Peran pemerintah dibutuhkan agar tidak mengizinkan adanya perkebunan kelapa sawit bertambah jumlahnya. Mengukum orang yang melakukan pembakaran. Kenapa TIDAK! Win-win solution, SAWIT Kuat, Indonesia HEBAT.

YOUTUBE CHANNEL CITRA PANDIANGAN
XXX


Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra, Betraveler, Jejak Cantikkitabahagia, ngerumpi blog


Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








No comments

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy