Review: USB OTG SanDisk | Sahabat Perjalanan Backup Data



Petunjukhidup.com-Kehilangan data itu seperti kehilangan cinta. Penulis pernah mengalaminya dan rasanya itu berminggu-minggu menyesali dan baru bisa MOVE ON. Apalagi kalau hasil photo atau video masih belum di posting atau di upload di channel YouTube! Plus, belum di backup; Rasanya uring-uringan sekali. Ingin marah, tetapi menyalahkan siapa? Namun, itu merupakan pengalaman yang membuat aku semakin harus hati-hati dalam urusan data. Tidak boleh menyepelekan smartphone, kalau tiba-tiba smartphone rusak dan data tidak bisa diambil, bagaimana?


Mau pindahkan hasil photo, video maupun data dari smartphone ke laptop/PC maupun hardisk external terkadang suka lupa-lupa dilakukan. Memang terkesan sepele ya, masa dikit-dikit backup. Kalau tiap hari kerjaannya jalan-jalan terus sambil ngambil photo, video belum lagi file PDF yang harus dibaca, maupun dipelajari bisa membuat memori ponsel PENUH. Namanya juga dipakai setiap hari. Harus pintar dong, pakai tambahan memori eksternal! Sudah juga dilakukan bahkan memilih memori 64 GB pun masih kurang! NGERI amat seh kamu? Sering banget, teman-teman bilang seperti itu! Soalnya #DibuangSayang, maklum aku punya enam blog yang kadang membutuhkan angle photo yang berbeda setiap blog.



Kalau ditanya sama teman, penting nggak seh backup data? Aku dengan suara lantang selalu berujar dan menceritakan kisah mengenai kehilangan data. Akibat ponsel rusak maupun terkena virus itu sangat FATAL dan menyedihkan. Soalnya, kenangan maupun photo/video belum tentu bisa pelesiran ke lokasi tersebut dalam waktu dekat. Mesti ngumpulin duit lagi buat liburan. Ditambah, harga tiket yang melambung. Pastinya, kalau ada duit buat liburan, perginya ke lokasi yang belum pernah dikunjungi. Sehingga, back up data itu penting sekali. Sepenting menjaga cintaku pada kamu. Jangan sampai menyesal kemudian hari, karena menggampangkan hal yang kelihatan sepele; padahal infactnya besar apabila sudah kejadian data HILANG. NGERI kalau membayangkan masa kehilangan data itu lagi, beneran bagai mimpi buruk!

Berdasarkan hasil Survey Western Digital terhadap Kebiasaan Konsumen Indonesia dan Managemen survei data mengatakan penggunaan smartphone di Indonesia sebagai gawai utama dalam keseharian. Fitur yang paling sering digunakan pada smartphone yakni 93% mengambil gambar, 87% menelepon, 72% chatting, 63% merekam video, 63% mengakses video.

 
Sedangkan data terbanyak yang disimpan pada memori adalah foto 98%, video 79%, musik 71%, aplikasi 56% dan dokumen 28%. Wah, beneran aku banget! Kalau kalian bagaimana? Padahal, memori yang digunakan di Indonesia 30% 16 GB; 26% 32 sedangkan 49% responden hanya memiliki sisa memori sebesar 1-3 GB di smartphone. Ih, survei ini koq berasa aku banget ya! Soalnya, tadi barusan cek smartphone kesayangan aku. Hampir 98% benar. Tidak heran dong, backup data itu penting. Apalagi ya, 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone, dan 80% responden menyadari pentingnya melakukan back-up data.


Apalagi zaman sekarang ya, mobilitas tinggi dan hampir semua pekerjaan laptop sekarang ini bisa dikerjakan di smartphone. Tentunya, smartphone membutuhkan sahabat sejati yang tidak hanya power bank tetapi juga pen drive. Namun, bukan sembarangan pen drive! Kini kutemukan sahabat sejati smartphone aku yakni USB OTG SanDisk! Memang apa bedanya? Tentu saja ada bedanya, USB OTG San Disk ini memiliki DUA JENIS KONEKTOR yakni USB 2.0 tipe A standar yang digunakan untuk laptop/PC, serta USB 2.0 Micro B yang digunakan smartphone kebanyakan. Dimana, masing-masing konektor ditempatkan di sisi yang berlainan. Sehingga hanya satu konektor yang bisa digunakan dalam satu waktu.



Keistimewaan USG OTG SanDisk ini adalah PENUTUPnya menggunakan komponen perangkat keras yang berbeda ke dalam satu unit fungsional. Sehingga, AMAN dari yang namanya kehilangan tutup pen drivenya.  Cara menggunakan USB OTG SanDisk ini sangat mudah, kita tinggal memasukan USB OTG ini ke smartphone atau PC tergantung kebutuhan kalian.  Mudah banget dan prosesnya juga cepat.



Kalian tertarik juga menggunakan USGB OTG SanDisk ini? Tidak usah kuatir teman, kalian bisa membeli pen drive dual konektor ini di Official Store SanDisk di Shopee . Jaminan barang original, apabila teman takut membeli di toko online, dan tidak punya waktu untuk membeli di toko offline. Aku saja beli lagi, kali ini belinya dengan jumlah memori 32GB semoga cukup untuk membantu membackup data ketika pergi liburan, tanpa pusing memilih photo maupun video mana yang harus di deleted, eh dibuang terlebih dahulu. Soalnya sudah ada #SanDiskAPAC, soulmate sejati smartphone aku. Jadi teman pilihlah sahabat terbaik dalam menyimpan data, tidak ribet, kecil tapi praktis. Tidak mesti pusing ditengah kegiatan atau pelesiran untuk menghapus data agar bisa melakukan pengambilan photo ataupun video. Cukup aku saja yang mengalaminya, ngerekam tanpa menyadari memori penuh; akhirnya harus mengulang dari awal dan membuat bad mood, soalnya feelnya gak dapat lagi seperti yang PERTAMA!

Pen Drive atau USB OTG SanDisk ini kapsitasnya mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB dan bahkan ada yang lebih besar lagi. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebetuhan pengguna. Sehingga, nyaman dalam menyimpan data tanpa ribet. Apalagi bagi kita yang suka mobilitas tingga, kadang tidak sempat membackup data di PC, bisa pakai  USB OTG Sandisk satu ini.

YOUTUBE CHANNEL CITRA PANDIANGAN


Salam dan Tetaplah Hidup






Note: Please visit my blog to storycitra, Betraveler, Jejak Cantikkitabahagia, ngerumpi blog


Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








58 comments

  1. Berguna banget.. Kalo aku lebih ke ngopi Drama Korea sih.. Gampang aja gitu habis donlod di PC terus copy ke hp, bisa nonton di mana2.. Termasuk pas lagi kerja. Dasar akuuuuu 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gud idea nih hahahaha...
      Secara gak ngabisin kuota hp, tgl pake kuota rumah aja kan...

      Delete
  2. Mbak ada yg typo USG tulisannya di beberapa paragraf.
    Bicara soal USB OTG, emang bantu banget apalagi kalau memory di hape full. Buru2 deh keluarin USB OTG. Kegiatan foto aman dan terkendali.

    ReplyDelete
  3. Ih analoginya benar ih .... kehilangan data laksana kehilangan cinta emang hahaha.
    makanya harus rajin back up data ya orang-orang seperti kita ini

    ReplyDelete
  4. Ah, Kakak ... saya juga selalu bawa flashdisk ke mana pun, termasuk kalau traveling. Dan, flasdisk yang saya punya mereknya Sandisk ... habis awet dan nggak mudah rusak.

    ReplyDelete
  5. Aku udah pake mba. Kebetulan suami beli otg.
    pasti repot bener ya mba, mengurus konten untuk 6 blog!
    Saya 1 aja Udah kerepotan. Mba nya super sekali ♥

    Makanya kebayang banget kalo sampe rusak hp/kkehilangan data pasti pusing nya setengah mati.

    ReplyDelete
  6. Kak Citra, makasiiii review-nya.
    Ini nih produk idaman, dambaan para content creator.
    Cuss ah, pengin berburu produk USB OTG iniiii
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Yeayyy ada kemudahan lagi nih, kali ini ditawarkan oleh sandisk. Suka. Jd nggak ribet, plus praktis juga kalau ingin mindah2 foto, video dsb, yg ada di gawai. Jd pengen punyalah USGB OTG SanDisk.

    ReplyDelete
  8. Saya juga butuh banget nih USB kayak gini, biar ga rempong hapus2 foto karena baru cekrek dikit, eh penuh.
    Kalau punya USB otg sandisk gini, lebih enak, plus praktis dibawa ke mana-mana :)

    ReplyDelete
  9. USB OTG SanDis emang berfaedah banget buat kita² yg perlu nyimpan data banyaak. Terutama saya kl abis penelitian lapangan, wuihh berharga banget soalnya susah n makan waktu kan ngumpulinnya. Makanya si USB OTG SanDis ini sahabat kita banget.

    ReplyDelete
  10. Cocok, Mbak Citra. Penulis kehilangan data.. bagai separuh hati pergi caila hahaha.
    Tapi benaran, data penting, termasuk tulisan, foto, video kalau belum diback up, lalu kehapus atau hilang, itu bisa lama move on. Apalagi kalau sudah nulisnya berdarah-darah. Dapat foto dan videonya penuh perjuangan. Makanya penting sekali USB. Dan USB OTG ini sangat praktis. Saya juga pakai, Mbak hehehe.

    ReplyDelete
  11. nah info penting ini, karena aku tuh kadang suka memenuhi memori hp dengan foto - foto yang entah kapan akan digunakan. kalo ada SandDisk gak usah repot mindahin sana sini ya

    ReplyDelete
  12. Ya ampun kok jenius bgt yang punya ife ini. Biasanya repot amat ya harus backup ke PC dl. Skrg utk smntara bisa ditandon di usb ini. Bravo deh

    ReplyDelete
  13. Wah asik banget pakai USB OTG SanDisk, ukuran nya kecil jadi bisa dibawa kemana mana ya mbak. Gak khawatir kehabisan memory karena bisa langsung backup

    ReplyDelete
  14. Aku juga perlu punya nih mba.. sering jalan, foto dan video boros memori hehe

    ReplyDelete
  15. Aku juga pakai usb OTG ini nih mbak. Soalnya sangat membantu banget, apa lagi buat aku yang suka foto dan video yang bikin memori HP cepat penuh :D

    ReplyDelete
  16. Nah..ini dia yg kubutuhkan.. Ok deh, capcus lihat2 Sandisk ini ah..

    ReplyDelete
  17. Saya pernah mengalami kehilangan semua foto dan itu rasanya nyesek. Makanya sekarang saya berusaha rajin nge-back up. Pakai USB OTG ini memang membantu banget

    ReplyDelete
  18. OTG jadi solusi banget supaya nggak repot2 buka laptop. Makin gede kapasitasnya makin mahal ya mbak si OTG ini.

    ReplyDelete
  19. Dulu, kt cuma nge al FD yang dicolok ke laptop sekarang, sudah ada yang bisa dicolok ke hape, duhh luar biasa keren deh perkembangan teknologi

    Aq mw dong cobain Sandisk

    ReplyDelete
  20. USB sangat membantu banget untuk back up data, tapi ya itu tadi, tutupnya suka kelupaan. Dengan menggunakan USB sandisk, data aman, USB utuh :)

    ReplyDelete
  21. Kisah Mbak ngingatin saya agar rajin pindahkan data dari pomsel ke komputer agar tidak sampai kepenuhan tanpa disadari, soalnya saya ini sibuk dengan kerjaan digital di blog dan medai sosial (jadi admin Indonesia Saling Follow)yang harus banyak rekam foto tangkapan layar peserta dan hal lainnya, maka urusan foto harus diperhatikan benar.
    Pengen punya USB SanDisk itu, keren karena bisa langsung backup data dari pomsel ke komputer. Saya saja ribet dengan bluetooth dan kabel data, padahal butuh tempat aman untuk simpan data selain komputer.

    ReplyDelete
  22. emang penting banget sih kak backup data, terlebih foto, duuhhh kalo ilang tuh foto foto kece, rasanya sakiiittt kak

    ReplyDelete
  23. Aku pake tuh yang warna hitam untuk menyimpan film jadi bisa nonton kalau lagi di bis

    ReplyDelete
  24. Ini seperti punya Dewi, beruntung banget punya otg sun disk�� bisa simpan foto lebih leluasa, hehehehe

    ReplyDelete
  25. USB OTG Sandisk menjadi solusi terbaik menyimpan data di henpon ya mbak, agar data tidak penuh dan henpon pun dapat berjalan dengan normal. Dengan sandisk pula kita juga tidak khawatir data akan hilang atau rusak.

    ReplyDelete
  26. Terimakasih saya berasa diingatkan nih. Sudah planing memang mau beli org Sandisk ini. Secara sama saya juga perlu back up data dari hp. Sayang kalau sampai lenyap kaya pengalaman buruk itu ya

    ReplyDelete
  27. Kehilangan data memang menyakitkan huhu .untung ada Sandisk nih hehe

    ReplyDelete
  28. Penting banget ya punya ini, soale aku pernah punya pengalaman yang ga enak yaitu HP ku ilang, semua foto dan video ilang semua.

    ReplyDelete
  29. Iya nih mbak. Setiap hari data yang disimpan kayaknya makin banyak , terutama dalam bentuk foto dan video. Butuh banget OTG utk back up

    ReplyDelete
  30. Ahh.. ini dia solusi dari masalah aku mbak. Hp udah nggak muat lagi utk menyimpan foto2. nggak tiap saat juga bisa bawa laptop utk memindahkannya. Dengan SanDisk jadi lebih gampang kayaknya.

    ReplyDelete
  31. Wah, aku kudu punya nih yang begini. Aku sering banget kehilangan data di hape. Dan kalo ke event atau mau ke luar, biasanya hapus2 dulu data biar gak kepenuhan. Kalo punya yang begini, bisa motret sesuka hati nih.

    ReplyDelete
  32. Jadi inget dulu sempet nangis bombay gegara naskah novel udah setengah jadi, dicopy pake flashdisk KW dan pas mau kupindahin ke laptop lain, ternyata filenya rusak. Asli nyesel banget...
    BTW ini dia nih barang yang PakSyu omongin waktu itu, apa gitu OTG OTG saya gak ngerti kan jadi iya-iya aja, eh ternyata berguna banget, hehe
    kasih tau Paksyu ah, minta beli wkwk

    ReplyDelete
  33. Gak cuma kayak kehilangan cinta, bisa loh kehilangan semangat berkarya, hikss
    Aku justru kenal USB OTG Sandisk ini dari anak-anakku, mereka udah pakai karena hobinya nonton film. Jadi bisa donlot gitu disimpan di usb, dan memori hape gak penuh

    ReplyDelete
  34. saya juga bisa nonton drama korea dan film india di mana saja via handphone berkat si usb otg sandisk ini :)

    ReplyDelete
  35. Wah sandisk ini pengen banget mbak buat data-data yang dibutuhkan dalam perjalanan. Apalagi kadang memori handphone atau kamera suka penuh.

    ReplyDelete
  36. USB OTG sandisk emang bisa jadi andalan kepenuhan memori ya Mba
    aku juga punya 3 nih di rumah, hahaha udah langganan cocok ama sandisk

    ReplyDelete
  37. Wahh aku punyanya yg OTG Sandisk model lama warna hitam itu mba
    Membantu banget buat backup foto sih hehehe

    ReplyDelete
  38. SanDiskAPAC, memang bisa jadi sahabat terbaik dalam menyimpan data, tidak ribet, kecil tapi praktis..suamiku dah pakai ini. Keknya aku pun perlu beli ini. Artikelnya komplit nih. TFS:)

    ReplyDelete
  39. Wah pas banget nih kak aku lagi nyari2 yang pas buat nyimpen foto dan video yang udah seabreg-abreg... Makasih yah kak rekomendasinya 🤗🤗🤗

    ReplyDelete
  40. Aku juga punya Sandisk.
    Tapi lupa berapa besar kapasitasnya. Yang pasti praktis banget buat nyimpen data, eh...sebenernya banyak musiknya siih...buat nemenin di jalan sambil nyetir.

    ReplyDelete
  41. Kehilangan foto liburan itu, benar-benar menyesakkan dada. Seram, benar.

    Aku pernah ditanya teman Blogger tentang ini, dikira punya, padahal baru tahu. Hihihi

    ReplyDelete
  42. Wah,reviewnya bermanfaat banget mbak. Kebetulan akutuh males banget ya mindahin data kalau pas memori hp penuh. Jadi ditumpukin dulu sama ada alarm memori full. Dan kayaknya aku butuh sandisk deh.

    ReplyDelete
  43. Jadi next target saya beli ini. Udah capek kehilangan data karena hape rusak maupun kepenuhan.

    ReplyDelete
  44. Pernah juga mengalami kehilangan data dan rasanya panik luar biasa. Sekarang karena tak mau terulang lagi makanya aku pun mulai rutin backup data pakai OTG

    ReplyDelete
  45. Udah lama nabung buat beli kyk gini. Belum kesampaian eh hape udah nyemplung di air dan rusak.
    Jd semangat mau beli buat nyimpen data buat kenangan

    ReplyDelete
  46. aku juga pakai OTG untuk bantu mengamankan data, suka repot deh kalo harus bongkar pasang memory gitu, jadi sekarang selalubawa OTG, tinggal colok aja dari handphone deh. secara memory hape penuh sama aplikasi ya hehehe

    ReplyDelete
  47. Backup data memang penting banget sih. Hal itu yang berulang kali aku lakukan apalagi sejak laptop masih dalam kondisi rusak nih..

    Kalau untuk produk SanDisk mah aku udah nggak ragu lagi. Aku sudah pakai produk ini sejak melek teknologi. Sahabat banget deh buat semua gadget yang aku punya*

    ReplyDelete
  48. aku semakin kesini memang butuh usb otg untuk memindahkan file, karena kesulitan untuk selalu memindahkan file ke Laptop selalu

    ReplyDelete
  49. Kalau menurutku kehilangan data itu seperti kehilangan ingatan. Karena dari data itulah serpihan memori tersimpan.

    ReplyDelete
  50. bagus bangt eh tulisannya
    memang bener juga, kita perlu menjaga kenangan jangan sampai hilang
    maka media penyimpanan data jadi sangat penting

    ReplyDelete
  51. Wah baru tau mbak, ternyata pakai otg bisa langsung simpan file ke flasdisk yaa. Beberapa.waktu.lalu aku banyak ngapusin foto foto sebab hapeku dah sering ngehang. Padahal.masukin aja ke Sandisk yaa. Oke mbak, tfs yaa

    ReplyDelete
  52. sahabat yang paling mengerti kebutuhan update data ya kak

    ReplyDelete
  53. klo punya kenangan dan pengen bisa selalu diingat klo kangen ya wajib punya usb yang satu ini ya

    ReplyDelete
  54. Saya jugaa termasuk tipe dibuang sayang, jadinya ya memori hape penuh dengan video dan foto yang udah lama banget. Mesti sering2 backup biar ponsel ga lemot

    ReplyDelete
  55. aku biasanya kupakai buat pindah data foto video
    berat euy di hapeku
    isi fotonya banyak pula
    hahaha

    ReplyDelete
  56. Dengan menggunakan USB OTG SanDisk sangat membantu saya dalam membackup data pada smartphone. Sesuai dengan namanya USB dari SanDisk ini memang ON The Go...

    ReplyDelete
  57. Backup data jadi lebih simple kalo pake OTG SanDisk
    aku juga pake yg Dual Drive M3.0 mbak
    cocok dan puas tentunya

    ReplyDelete

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy