5 Tempat Wisata Kuliner Legendaris ala Betawi



Petunjukhidup.com-Menikmati hidangan lokal merupakan sebuah keharusan saat kita berkunjung ke suatu tempat. Begitu pun ketika kita berlibur ke Jakarta. Mengunjungi kota Metropolitan ini rasanya belum lengkap jika kita belum mencoba kuliner khas betawi seperti kerak telor, karedok, bir pletok, dan soto yang legendaris.

Nah, jika saat liburan nanti Anda tertarik untuk menjelajahi wisata kuliner kota Metropolitan ini, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner legendaris di Jakarta yang harus dikunjungi. Di antaranya:

1. Gado-Gado Bonbin
 

Sumber : InformaZone.com
Warung yang menjual hidangan khas Betawi seperti gado-gado dan es cendol pink ini sudah berdiri sejak tahun 1960 an. Awalnya, warung tersebt terletak di kawasan kebun binatang, inilah mengapa warungnya disebut dengan nama Gado-Gado Bonbin. Meskipun kebun binatanya sudah tidak ada, tetapi warung ini masih tetap berdiri tegak dan sekarang berlokasi di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini.



2. Asinan Betawi Haji Mansyur
Sejak didirikan tahun 1970 silam, hidangan asinan di sini tidak pernah berubah cita rasanya. Rasa asinannya yang segar dan tidak terlalu asam membuat banyak orang ketagihan. Tidak heran jika setiap hari tempat ini selalu dipenuhi dengan pengunjung. Harga asinan sendiri dibanderol sekitar Rp16.000 sampai Rp18.000 per porsi. Lokasi Asinan Kamboja atau Asinan Haji Mansyur ini terletak di Jalan Kamboja No. 10, Jakarta Timur.

3. Laksa Betawi Assirot
Laksa adalah hidangan yang terdiri dari udang rebon, kucai, taoge, dan kemangi yang disiram dengan kuah santan. Jika ingin menikmati hidangan ini, Anda bisa berkunjung ke Warung Laksa Assirot di daerah Kebon Jeruk Jakarta Barat. Warung tersebut sudah menjual laksa sejak tahun 1978 dengan cita rasa yang hampir tidak pernah berubah.


Image result for Laksa Betawi Asirot
Sumber: Tribunnews.com

Dengan harga Rp20.000 per porsi saja, Anda sudah bisa menikmati sepiring laksa dengan tambahan lauk seperti tempe, tahu, daging, atau telur. Jangan lupa untuk mencicipi hidangan khas Betawi lainnya di sini seperti ketupat sayur atau semur jengkol yang legendaris.

4. Sayur Asem Meruya
Ingin menikmati hidangan sayur asem enak khas rumahan? Anda bisa datang ke warung sayur asem Meruya di daerah Jakarta Barat. Sejak tahun 1970, warung ini telah menjual sayur asem lengkap dengan pilihan lauk variatif seperti ikan asin, ikan goreng, tempe, tahu, dan oseng kacang. Di sini, harga seporsi sayur asem segar dibanderol mulai dari Rp8.000 hingga Rp11.000.

5. Soto Betawi Haji Mamat

Image result for Soto Betawi Haji Mamat
Sumber: foody.id
Warung makan yang berdiri sejak berpuluh tahun silam ini merupakan salah satu tempat makan Soto Betawi yang legendaris di Jakarta. Berlokasi di daerah Bumi Serpong Damai, warung ini menyajikan soto khas dengan daging yang empuk. Kesegaran dan kelezatan soto racikan Haji Mamat tersebut membuat tempat ini selalu ramai. Selain soto, Anda juga bisa menikmati aneka hidangan lain seperti sop atau oseng daging dan menu khas lainnya.

 Tidak hanya tempat wisata kuliner, di Jakarta Anda juga bisa menemukan aneka penginapan murah, nyaman, dan aman, untuk akomodasi selama berlibur. Jaringan hoel Airy Rooms misalnya. Penyedia berbagai hotel murah di Jakarta tersebut merupakan salah satu aternatif pilihan menginap lengkap yang terjangkau.

Airy sendiri merupakan jaringan hotel terbesar dengan jumlah properti terbanyak. Tidak heran jika setiap penginapan yang tergabung dalam jaringan ini memiliki 7 jaminan fasilitas yang anti bikin Anda kecewa meliputi: tempat tidur bersih, AC, flat screen TV, akses WiFi gratis, air minum, pancuran air hangat, dan perlengkapan mandi untuk dibawa pulang.

 
Selain bisa diakses melalui aplikasi yang terpasang di Android atau iPhone, Airy Rooms juga bisa diakses melalui PC atau laptop. Untuk pembayarannya, jaringan hotel ini melayani transaksi melalui transfer atau kartu kredit.

sumber: jejakcantik.com

  Jadi, sudah siap berburu kuliner khas Betawi yang menggiurkan? Selamat menjelajah!


Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra, Betraveler, Jejak Cantikkitabahagia, ngerumpi blog


Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








4 comments

  1. cocok nih ... lagi suka banget makan gado gado

    jadi ngiler ... dan pengen makan

    tulisan bermanfaat sekali tentang wisata kuliner ini kak

    terima kasih ya

    ReplyDelete
  2. Sayur Ayam Meruya sama SOto Betawi Haji Mamat itu loveeeeeeeeeeeeeee banget kak rasanya! Ngetik sambil bayanginnya aja aku udah mupeng banget aaakkkk, jadi kangen Jakarta dan kulinernya :((

    ReplyDelete
  3. Baru tahu ada laksa betawi.. . Hihihi Selama ini tahunya laksa Melayu aja. Enak juga tuh kayaknya, nyammmm.... Asinan juga menggiurkan walau gak ada fotonya... ��

    ReplyDelete
  4. saya suka soto betawi..tp malah pas ke jakarta malah ga nyari soto betawi hihihi
    selalu lupa..padahal pengin makan soto betawi di daerah asalnya

    ReplyDelete

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy