Mengapa Aku lelah dan Bagaimana untuk Memperbaikinya


Petunjukhidup.com- Terkadang sebagai manusia biasa, kita kerap kali merasa lelah. Hal itu dikarenakan kita mengurang jam tidur sehingga menyebabkan kelelahan. Tidak lain karena tidak adanya keseimbangan. Sehingga sistem tubuh kita, kita kompromikan karena faktor sakit, stres, dan gaya hidup.


Banyak ahli akupuntur mengatakan klien mereka banyak mengeluhkan mereka terus-menerus merasa lelah. Terkadang kelelahan tersebut terkait erat dengan kurangnya jam tidur. Sehingga tidak ada lagi jam yang tersisa untuk tidur cukup. Taukah, adanya ketidakseimbangan dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan konstan.

Mau tahu beberapa hal umum yang membuat ketidakseimbangan dalam kehidupan kita. Sehingga dapat menyebabkan  kelelahan, lesu, kekurangan energi dan motivasi, dan kelelahan. Baiklah, dua ketidakseimbangan yang menyebabkan kelelahan yakni:


  • 1. Energi Tidak Seimbang alias Lemah
  • 2. Energi Kamu Stuck
 
 
Nah, sudah tahu penyebab kenapa merasa lelah. Baiklah, mari kita ulas secara singkat dua poin yang menyebabkan rasa lelah berkepanjangan. Padahal, kita merasa sudah cukup membagi waktu antara istirahat dan bekerja.

Energi Tidak Seimbang alias Lemah

Penjelasan sederhana yang sebenarnya sudah kita ketahui adalah ketika sistem dalam tubuh kita terganggu akibat sakit, stres atau gaya hidup, mereka tidak dapat menghasilkan energi positif dalam tubuh dan pikiran kita. Padahal energi positif sangat dibutuhkan untuk memfungsikan pikiran dan tubuh. Sebab banyak sistem yang berbeda dalam tubuh kita yang dapat menghasilkan perasaan kelelahan ketika energi melemah.

Sebab, ketika paru-paru terganggu, kita akan sering merasa tidak memiliki energi yang cukup untuk melewati hari. Kelelahan seperti ini sering membaik ketika kita tidur cukup, menjaga kebersihan dan juga mengatur pola makan yan sehat. Ketika energi darah kita melemah, akibat dari kerja paksa, kurang tidur, pola makan yang buruk, dan penyakit. Kelelahan ini sangat sulit kita kontrol. Sehingga kita akan merasa gelisah dan sulit tidur walau kita sangat lelah.


Bagaimana memperbaiki hal ini?  Jenis kelelahan ini bisa diperbaiki dengan mengkonsumsi makanan sayur hijau dan daging untuk memelihara energi darah.  Karena itu, ada baiknya juga memberanikan diri untuk istirahat yang cukup untuk memulihkan  diri dari jenis kelelahan ini. Perubahan pola makan, serta mengkonsumsi herbal  juga bisa  membantu.

Energi Kamu Stuck atau Terjebak
Kelelahan  tidak selalu berasal dari kelemahan dalam energi tubuh. Kadang-kadang kelelahan berasal dari energi tidak bergerak dengan benar.  Sehingga kelancaran energi tersembat akibat  sesuatu perubahan yang diakibatkan seperti, penyakit, cedera, trauma, stres, pilihan gaya hidup dan lainnya.  Ketika energi tubuh kita tidak mengalir dengan cara yang seharusnya, tubuh kita benar-benar harus mengerahkan lebih banyak energi untuk membuat kita berjalan dengan baik. 

Nah, Jenis kelelahan ini bisa diatasi dengan latihan atau bergerak. Seperti pergi ke tempat GYM. Sehingga saat kita berolahraga, perasaan lelah ini akan hilang sendiri. Kelelahan ini bisa membuat kita merasa lelah dan  berhubungan erat dengan  stres. Stres bisa dihilangkan dengan melakukan olahraga.

Pola makan yang tidak teratur atau mengubah pola makan juga sangat mempengaruhi kesehatan dan energi tubuh. Karena itu, ubahlah pola makan menjadi lebih baik bukan malah diet yang tidak sehat.


Salam dan Tetaplah Hidup










Note: Please visit my blog to storycitra, Betraveler, Jejak Cantikkitabahagia, ngerumpi blog


Kehidupan ini tidaklah semudah membayangkan, tidak semudah meluangkan dalam kata. Mari berkunjung dan menikmati tiap hempasan nafas kehidupan untuk mencari makna kehidupan bersama.....








No comments:

Petunjuk Hidup membutuhkan komen berupa kritik dan saran agar lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ingat! Komentar di moderasi jadi tidak boleh spammy ya, rumahku indah dan rumahmu juga indah bukan? mongo dan terima kasih, dank jewel, danke, thanks, mercy

Powered by Blogger.